Dipastikan Sandiaga Uno, Bioskop Tetap Buka Selama PPKM Level 3 Libur Nataru

Nasional | rm.id | Published at Minggu, 28 November 2021 - 19:10
Dipastikan Sandiaga Uno, Bioskop Tetap Buka Selama PPKM Level 3 Libur Nataru

Pemerintah akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), mulai dari 24 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021 untuk menekan lonjakan kasus Covid-19.

Sejumlah pihak khawatir, kebijakan ini berdampak ke berbagai sektor industri. Salah satunya ekonomi kreatif, yang termasuk di dalamnya, film dan bioskop. Bagaimana nasib bioskop selama libur Nataru?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menegaskan, bioskop tidak tutup selama libur Nataru. Tapi, PPKM level 3 akan berdampak pada pengurangan kapasitas penonton per studio.

"Bioskop bukan berarti ditutup atau dilarang buka, tapi dengan PPKM level 3 dikurangi kapasitasnya (per studio menjadi) 50 persen, dan ada beberapa layanan yang dibatasi," ujar Sandi dalam keterangannya, Minggu (28/11).

Dipastikan Sandi, Kemenparekraf bakal mendukung bioskop selama libur Nataru dengan kampanye bioskop sebagai tempat aman menonton film lantaran menerapkan protokol kesehatan ketat serta disiplin.

"Dan yang sangat penting menurut saya, bagaimana industri film menjadi subsektor yang menciptakan begitu banyak lapangan kerja. Ada 20 juta lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif," bebernya.

Diterangkan Sandi, total, ada Rp 1.100 triliun yang dihasilkan 17 subsektor ekonomi kreatif. Hal ini, menjadikan Indonesia berada di posisi nomor tiga dunia setelah Amerika Serikat dengan Hollywood dan Korea Selatan, dengan K-Pop dan drakor.

Sandi yang akrab disapa Mas Menteri ini, mengajak masyarakat kembali ke bioskop dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Untuk masuk ke bioskop, calon penonton wajib memindai kode batang via aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini terus diperbarui untuk membantu masyarakat beraktivitas di luar rumah.

"Di tengah PPKM level 3 kita akan terus mendorong sehingga industri ekonomi kreatif tetap menggeliat tentunya dengan bingkai protokol kesehatan," tegas Sandi.

"Kita bantu juga (keamanan dan keselamatan penonton) dengan aplikasi PeduliLindungi agar bioskop tetap dikunjungi di tengah PPKM level 3 (selama libur Nataru)," sambungnya sekaligus menutup pernyataannya. [OKT]

Artikel Asli