Keluarga Magis Madrigal di Encanto, Kekuatan Luar Biasa Putri Biasa

Nasional | jawapos | Published at Minggu, 28 November 2021 - 19:05
Keluarga Magis Madrigal di Encanto, Kekuatan Luar Biasa Putri Biasa

Nasib Alma Madrigal berubah dalam semalam. Setelah tertimpa kemalangan, dia dan ketiga anak-anaknya berada di dunia penuh kekuatan magis. Semua karena cahaya lilin ajaib.

KEHILANGAN rumah dan sang suami Pedro, Alma harus tinggal sendiri bersama ketiga anaknya: Julieta, Pepa, dan Bruno. Begitu menemukan lilin bertuah di pertemuan magis, hidupnya perlahan kembali. Bahkan, menjadi lebih baik. Keluarga kecilnya tinggal di Casita alias pondok yang tersembunyi di belantara Kolombia.

Casita juga membuat keluarga Alma punya kekuatan magis. Tiap keturunannya menjadi sosok yang punya kemampuan melebihi manusia normal. Dari membuat bunga bermekaran sampai memiliki kekuatan penyembuh dan fisik yang superkuat. Hanya Mirabel yang tak mendapat berkah itu.

Meski demikian, di antara para saudaranya, Mirabel disukai. Dia selalu mendengar dan berempati pada cerita saudara-saudaranya yang lebih sempurna. Namun, keberadaannya justru membuat Abuela panggilan nenek dari keturunan Madrigal buat Alma murka. Dia mengusir Mirabel. Keputusan gegabah itu membuat Casita hancur.

Encanto, yang berarti kekuatan pesona dalam bahasa Spanyol, merupakan salah satu film penting bagi Disney. Film tersebut adalah karya ke-60 rilisan Walt Disney Animation. Sutradara Jared Bush memaparkan, ide film tersebut berpusat pada sosok Mirabel, satu-satunya anak biasa saja di keluarga luar biasa Madrigal. Namun, justru Mirabel yang akhirnya bisa membantu memecahkan masalah besar di keluarga Madrigal.

Encanto sendiri menceritakan perjalanannya memahami keluarga dan dirinya sendiri serta menemukan cara menyembuhkan keluarga Madrigal, ungkapnya dalam video di kanal Whats on Disney Plus.

Bush menjelaskan, produksi Encanto melibatkan lebih dari 700 orang. Kami berusaha mengupas cerita dari banyak sudut pandang, soalnya kami ingin cerita ini menyuguhkan sesuatu yang baru, imbuhnya. Penulis naskah Charise Castro Smith menyatakan bersyukur film tersebut dirilis di momen liburan Thanksgiving, yang jatuh pada 25 November lalu. Plus, diluncurkan di Disney+ pada Natal nanti.

Castro Smith menilai, momen liburan membuat Encanto bisa disaksikan seluruh keluarga. Film ini menceritakan keindahan dan kesulitan di sebuah keluarga dan ditujukan buat seluruh keluarga juga. Dan kuharap Encanto bisa menjadi setitik kebahagiaan buat penontonnya, imbuhnya.

Encanto tak hanya punya cerita apik. Rating serta ulasannya pun baik. Di laman Google, para penonton menilai film yang melibatkan komposer ternama Lin-Manuel Miranda sebagai pembuat lagunya itu menyenangkan dan mengharukan. Dalam ulasannya di Boston Globe, Mark Feeney menilai film tersebut sangat ramai. Terlalu berlebihan sebenarnya terutama di aspek visual, emosional, dan penceritaannya tapi vibe-nya susah kalian hindari, paparnya.

Kontributor Washington Post Kristen Page-Kirby juga menilai Encanto membawa suasana baru di deretan film animasi Disney. Film ini kreatif, segar, dan lebih kompleks dari dongeng, lanjutnya. Ulasan Bilge Ebiri di laman Vulture pun sependapat. Encanto adalah film animasi terbaik Disney setelah Frozen,tegasnya.

TRIVIA

Hampir seluruh pengisi suaranya merupakan aktor kelahiran maupun memiliki keturunan Kolombia.

Mirabel menjadi putri ke-14 di jajaran Disney Princess sekaligus putri dari latar belakang Amerika Latin pertama.

Beberapa unsur magis maupun setting cerita banyak terinspirasi karya sastrawan Kolombia Gabriel Garcia Marquez.

Pengerjaan dibantu tim Colombia Cultural Trust, lembaga konservasi budaya Kolombia. Tim produksi hanya punya kesempatan satu kali untuk riset karena pandemi.

Seluruh pengisi suara juga ikut men-dubbing versi Spanyolnya.

Lin-Manuel Miranda telah mendapat tawaran dari Disney untuk film animasi sejak 2016. Namun, pengerjaannya baru dimulai pada 2020.

Menjadi film animasi pertama Disney di 10 tahun terakhir yang punya durasi kurang dari dua jam.

ENCANTO

DURASI

99 menit

GENRE

Animasi, fantasi, komedi

RATING SENSOR

SU

SUTRADARA

Byron Howard dan Jared Bush

PENULIS NASKAH

Jared Bush dan Charise Castro Smith

PENGISI SUARA

Stephanie Beatriz (Mirabel Madrigal)

John Leguizamo (Bruno Madrigal)

Maria Cecilia Botero (Abuela Alma Madrigal)

Diane Guerrero (Isabela Madrigal)

Artikel Asli