Brian May Kritik Penghargaan Netral Gender di BRIT Awards

Nasional | republika | Published at Jumat, 26 November 2021 - 15:38
Brian May Kritik Penghargaan Netral Gender di BRIT Awards

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA Gitaris Queen Brian May mengkritik keputusan BRIT Awards (BRITs) yang akan memberikan penghargaan netral gender untuk kategorinya. Brian khawatir keputusan itu dibuat dengan tergesa-gesa, yakni hanya untuk menenangkan para aktivis tanpa memikirkan konsekuensinya bagi para musisi.

Pada Selasa, BRITsmengumumkan untuk menghapus kategori Artis Solo Wanita Terbaik dan Artis Solo Pria Terbaik, dan menggantinya menjadi Artist of The Year dan International Artist of the Year Award. BRITs meyakini bahwa keputusan itu akan membuat ajang penghargaan musik paling bergengsi di Inggris itu bisa lebih inklusif.

Di sisi lain, langkah itu juga telah menuai kritik. Sebab, kandidat untuk kategori non-gender malah sering kali didominasi laki-laki.

"Sejujurnya saya tidak tahu apakah itu merugikan satu kelompok atau tidak, tapi saya merasa sangat tidak nyaman. Saya tidak berpikir semuanya berjalan dengan baik, karena menurut saya keputusan ini dibuat tanpa mempertimbangkan konsekuensi ke depan," kata Brian seperti dilansir dari Variety , Jumat (26/11).

Artikel Asli