Walikota Banda Aceh Terima Penghargaan Nirwasita Tantra Award 2021

Nasional | acehsatu.com | Published at Jumat, 26 November 2021 - 03:40
Walikota Banda Aceh Terima Penghargaan Nirwasita Tantra Award 2021

ACEHSATU.COM,- Banda Aceh - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menerima penghargaan Nirwasita Tantra Award 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, Jumat (26/11/2021)

"Penghargaan tersebut merupakan salah satu bentuk prestasi Wali Kota Banda Aceh DIKPLHD berdasarkan kondisi dan upaya pengelolaan lingkungan," ujar Kepala DLHK3 Banda Aceh Hamdani Basyah.

Penghargaan Nirwasita Tantra Award 2021 diterima Aminullah atas partisipasi program kampung iklim (ProKlim) serta penyusunan dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah (DIKPLHD).

Hamdani juga mengungkapkan, Pemerintah Banda Aceh selama ini memang konsisten dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan, sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup daerah.

Kami juga mengangkat isu strategis Banda Aceh yaitu kualitas air, udara, dan tataguna lahan, serta tentang bagaimana strategis dan inovasi yang dilakukan dalam menghadapi isu tersebut, ujarnya.

Selain itu, lanjut Hamdani, khususnya melalui Gampong Surien Kecamatan Meuraxa menerima penghargaan sebagai desa yang telah melaksanakan program kampung iklim (proKlim) dengan kategori madya.

Sampai dengan 2021, Banda Aceh telah memiliki lima wilayah ProKlim antara lain Gampong Peunyerat , Lambung, Kota Baru, Alue Deah Teungoh dan Surien.

Meski demikian, kata Hamdani, program ProKlim tersebut k akan terus ditingkatkan, sehingga semakin banyak gampong dengan ProKlim di ibu kota provinsi Aceh.

Hamdani menilai, penghargaan itu merupakan sebuah apresiasi untuk menyemangati Banda Aceh terus memperbaiki dan mengelola lingkungan hidup daerah.

"Karena itu, sinergitas pemerintah, stakeholder dan masyarakat sangat dibutuhkan demi terwujudnya Banda Aceh berkelanjutan dan bebas sampah tahun 2025 nanti," pungkasnya.

Artikel Asli