BMKG Prediksi Akhir Puncak Musim Penghujan April-Mei 2022

Nasional | sindonews | Published at Jumat, 26 November 2021 - 15:20
BMKG Prediksi Akhir Puncak Musim Penghujan April-Mei 2022

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) mengungkapkan saat ini sebagian besar wilayah Indonesia telah memasuki musim penghujan . BMKG mencatat dari 342 zona musim (ZOM) sebagian besar telah memasuki musim penghujan.

"Nah, BMKG membuat zona musim ya, jadi di Indonesia ada 342 zona musim yang setiap zona punya karakteristiknya sendiri-sendiri kapan awal musim hujannya, kapan puncak musim hujannya, kapan akhir musim hujannya," kata Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG A. Fachri Radjab dalam dialog secara virtual, Jumat (26/11/2021).

Namun, Fachri mengatakan bahwa puncak musim penghujan diperkirakan terjadi pada Januari-Februari 2022. "Dan akhir dari musim hujan diperkirakan sekitar bulan April, Mei 2022," ungkap Fachri.

Oleh karena itu, Fachri pun meminta agar masyarakat tetap waspada risiko atau dampak terutama bencana hidrometeorologi dari musim penghujan ini. Dia mengatakan terkadang hujan saat ini disertai angin kencang.

"Apa itu bencana hidrometeorologi? Itu banjir, banjir bandang, longsor yang perlu kita waspadai yang bisa jadi di musim hujan," paparnya.

Artikel Asli