Pentingnya Car Seat Bagi Anak Saat Berkendara

Nasional | republika | Published at Jumat, 26 November 2021 - 15:32
Pentingnya Car Seat Bagi Anak Saat Berkendara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Dokter Bedah Tulang dan Spesialis Orthopedi lulusan Universitas Indonesia dr. Bagus Pramantha, SpOT, mengatakan pemilihan kursi mobil (car seat) khusus anak perlu dipertimbangkan orang tuademi keselamatan. Dia mengatakan penggunaan car seat pun dinilai mampu menurunkan resiko kematian sebanyak 71 persen pada kasus kecelakaan.

Diketahui, kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak pada anak usia 4-14 tahun. "Penggunaan car seat juga harus disesuaikan dengan usia anak," kata dr. Bagus melalui keterangannya pada Jumat (26/11).

Ada beberapa jenis car seat . Pertama, Rear Facing Car Seat. Kategori car seat ini digunakan sejak anak lahir hingga usia 2-4 tahun.

"Pastikan pengaman terpasang dan posisi kepala anak tidak lebih tinggi dari car seat," kata dr. Bagus.

Selanjutnya, Forward Facing Car Seat . Kursi ini dapat digunakan hingga minimal anak berusia 5 tahun. Pastikan tali atau strap berada di atas bahu anak dan tidak memiliki celah dengan tubuh.

Terakhir adalah Booster Seat . "Digunakan ketika pennggunaan Facing Car Seat sudah tidak memungkinkan hingga dapat mengunakan seat belt pada umumnya," kata dr. Bagus.

Perusahaan retail untuk kebutuhan anak dan orang tua Mothercare mengatakan di Indonesia, car seat belum menjadi prioritas orangtua untuk digunakan selama berkendara."Salah satu cara Mothercare untuk mengedukasi orang tua agar mengutamakan keamanan dan keselamatan anak selama berkendara adalah dengan menghadirkan produk car seat berkualitas tinggi," kata Senior Vice President Mothercare Indonesia, Vasudev Kataria.

CEO POLED, HM Lee, mengatakan car seat muncul karena kekhawatiran sejumlah ayah yang bekerja sebagai spesialis keamanan di Hyundai Motor Company mengenai keamanan dan keselamatan anak ketika di dalam mobil.

"Tercetuslah gagasan untuk membuat car seat yang kuat dan aman yang mampu menjaga anak selama berkendara. Para ayah yang penuh kasih sayang ini pantang menyerah mencoba desain keamanan yang berkelanjutan dan melakukan tes berulang untuk mendapatkan hasil yang sempurna," kata Lee.

Artikel Asli