Wali Kota Depok Dukung Ganjil Genap di Jalan Margonda

Nasional | republika | Published at Jumat, 26 November 2021 - 14:34
Wali Kota Depok Dukung Ganjil Genap di Jalan Margonda

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengatakan akan terus melakukan koordinasi dengan Polres Metro (Polrestro) Depok untuk melihat efektivitas ganjil genap pada saat uji coba. Pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap akan diujicoba di Jalan Margoda pada 4 dan 5 Desember mendatang.

"Penerapan ganjil genap ini kewenangan Polrestro Depok, Pemerintah Kota (Pemkot Depok) juga terus melakukan koordinasi. Kami memberikan masukan kepada tim perencanaan ganjil genap ini dan terus membicarakan teknis sebelum uji coba digelar," ujarnya di Balai Kota Depok, Jumat (26/11).

Menurut Idris, kajian terhadap ganjil genap sudah berlangsung lama. Karena itu atas arahan Polda Metro Jaya ke Polrestro Depok yang memiliki kewenangan terkait lalu lintas, kajian itu dijalankan.

"Kajian sudah tiga tahun kalau tidak salah, maka Polrestro Depok memberikan arahan agar segera dibuat keputusan menjalankan ganjil genap khusus roda empat. Pastinya kami dukung ganjil genap di Jalan Margonda untuk atasi kemacetan terutama di akhir pekan, Sabtu dan Ahad," jelasnya.

Kendati uji coba, lanjut Idris, ganjil genap di Kota Depok masih dikaji terkait efektivitasnya. Apakah kebijakan tersebut dapat membantu atau malah menyebabkan kemacetan yang lebih parah.

"Namanya uji coba ini kan kajian secara teori kadang-kadang kurang tepat juga. Kita lihat nanti dan berharap ada masukan-masukan dari masyarakat, termasuk dari teman-teman media. Misalnya nanti ada titik yang terdampak ganjil genap," tuturnya.

Uji coba ganjil-genap akan digelar Polrestro Depok pada Sabtu dan Ahad 4-5 Desember 2021. Penerapan akan dilakukan untuk kendaraan roda empat atau mobil di Jalan Margonda, Kota Depok mulai pukul 12.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Metro Depok, Kompol Jhoni Eka Putra menjelaskan, uji coba yang akan digelar merupakan salah satu tahapan kajian lapangan yang dilakukan bersama stakeholder terkait. Uji coba ganjil genap akan dilakukan di Jalan Margonda mulai dari Simpang Ramanda hingga Flyover Universitas Indonesia (UI).

"Ganjil genap akan dilakukan hanya pada akhir pekan Sabtu dan Ahad, karena memang kondisi macet kerap terjadi. Ini salah satu solusi untuk mengurangi volume kendaraan," terangnya.

Artikel Asli