Tubuh Galang Ditemukan 20 Meter dari Lokasi Tenggelam Sudah Kaku

Nasional | jawapos | Published at Jumat, 26 November 2021 - 14:34
Tubuh Galang Ditemukan 20 Meter dari Lokasi Tenggelam Sudah Kaku

JawaPos.com Galang Satrio Aji, 2, bocah yang tenggelam di gorong-gorong ditemukan meninggal dunia pasca 3 hari pencarian. Galang tenggelam pada Rabu (24/11) dan baru ditemukan Jumat (26/11).

One Rizky Kurniawan, komandan Tim Operasi SAR untuk Orang Tenggelam di Manukan mengatakan, ketika ditemukan, tubuh Galang sudah kaku. Tubuh Galang ditemukan pada pukul 10.57 WIB.

Tim gabungan Basarnas dan BPB Linmas menemukan jenazah Galang pada pukul 10.57. Jenazah ditemukan tersangkut bersama tumpukan sampah di dalam saluran box culvert kawasan ManukanBanjarsugihan, tutur One.

Setelah ditemukan, jenazah Galang yang sudah kaku, dipindahkan tim gabungan ke dalam kantong jenazah. Jasad Galang kemudian langsung dibawa ke RSUD Soetomo untuk diotopsi.

Tubuh Galang ditemukan di depan SMP Muhammadiyah 14. Tepatnya kami temukan di koordinat 071525S dan 120405E, terang One.

Berdasar hitungan, Galang ditemukan 20 meter arah selatan dari titik pembukaan box culvert atau gorong-gorong ketika dia tenggelam. Saluran arah selatan memang lebih dangkal karena terisi sedimentasi dan tumpukan sampah.

Tubuh kecil Galang nampak agak tinggi dibanding tumpukan sampah, hal tersebut yang kemudian menarik perhatian tim gabungan.

Pencarian pada Jumat (26/11) dimulai pukul 09.00. Tim gabungan terlebih dulu melakukan penyisiran ke arah timur. Pada Kamis (25/11), pencarian dilakukan ke arah utara karena memiliki volume air lebih banyak dan dinilai membahayakan.

Penyisiran selama 2 hari, diakui One, punya beberapa tantangan. Tantangannya pencahayaan yang minim ya, dan masih ditemukan tumpukan sampah juga, ucap One.

Pencarian pada Kamis juga sempat mengalami terbatasnya alat penerangan untuk menyisir saluran yang cukup panjang. Ditambah pula dengan kondisi cuaca yang kurang mendukung.Tim gabungan harus segera naik agar tidak membahayakan, terang One.

Artikel Asli