Perlu Patroli Prokes

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Jumat, 26 November 2021 - 14:23
Perlu Patroli Prokes

JAKARTA - Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu (PDIB) mendorong pemerintah dan khususnya Satuan Tugas Penanganan Covid-19 untuk melakukan patroli yang intens di pusat-pusat kegiatan masyarakat, misalnya pusat belanja dan hiburan untuk mencegah penularan Covid-19.

Ketua Umum PDIB dr James Allan Rarung mengatakan harus dipastikan masyarakat selalu patuh menjalankan protokol kesehatan (prokes) terutama di pusat-pusat kegiatan masyarakat.

"Tindakan tegas tidak segan-segan diterapkan, baik dengan memberikan peringatan ataupun sanksi bagi individu atau penyelenggara maupun tempat yang menjadi pusat kegiatan yang melanggar," kata James di Jakarta, Jumat.

James juga menuturkan fasilitas kesehatan baik rumah sakit maupun klinik dan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) harus membuat persiapan khusus dalam menghadapi situasi akhir tahun dan pergantian tahun.

Kementerian Kesehatan dan Dinas-dinas Kesehatan di daerah juga harus terus memonitor dan mengawasi sehingga tetap sigap mengatasi masalah terkait infeksi yang mungkin muncul di kemudian hari.

"Jika ada masalah sekecil apapun segera diselesaikan dan jangan nanti sudah meluas dan banyak yang menjadi korban, baru repot-repot turun tangan," tutur James.

Artikel Asli