Banyumas Siapkan Tempat Karantina Pemudik Jelang Nataru

Nasional | republika | Published at Jumat, 26 November 2021 - 14:24
Banyumas Siapkan Tempat Karantina Pemudik Jelang Nataru

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Kabupaten Banyumas kembali menyiapkan GOR Satria Purwokerto sebagai tempat karantina bagi pemudik Natal dan Tahun Baru. Hal ini sebagai antisipasi munculnya gelombang baru Covid-19 di masa liburan tersebut.

"Di sini nanti sama seperti dulu, kita siapkan GOR Satria. GOR itu bisa sampai 1.500 (kapasitasnya)," ujar Bupati Banyumas Achmad Husein di Kantor Bupati, Purwokerto, Jumat (26/11).

Sebelumnya GOR Satria sempat digunakan untuk mengakarantina pemudik pada saat Lebaran tahun 2020 dan 2021.

Di sana terdapat tiga gedung yang dapat digunakan, dengan kapasitas 1.500 orang. Namun, Bupati belum bisa menjelaskan mekanisme karantina yang akan dilaksanakan.

"Nanti hari Rabu depan akan saya rapatkan dengan Forkimpimda dulu. Setelah hasil rapat nanti akan ada detailnya," ujarnya.

Setelah itu, Pemkab akan melakukan sosialisasi dulu kepada masyarakat mengenai karantina yang akan dikenakan kepada para pemudik. Pemkab juga akan mematuhi peraturan Pemerintah Pusat dalam membatasi pembukaan tempat wisata.

Sementara untuk penyekatan di perbatasan, baru dapat dipastikan usai rapat, setelah adanya kepastian anggaran.

"Nanti setelah rapat ada keputusan, pastikan dulu dananya ada. Karena itu butuh dana besar, kita sesuaikan saja," ujarnya.

Artikel Asli