Dear Bupati Jombang! Warga Butuh Ini untuk Perbaiki Rumah yang Tersapu Angin Kencang

Nasional | jatimtimes.com | Published at Jumat, 26 November 2021 - 14:12
Dear Bupati Jombang! Warga Butuh Ini untuk Perbaiki Rumah yang Tersapu Angin Kencang

JATIMTIMES - Sebanyak 40 rumah warga Desa Purisemanding, Kecamatan Plandaan, Jombang, rusak akibat tersapu angin kencang Kamis (25/1021) sore. Warga berharap ada bantuan dari pemerintah daerah untuk memperbaiki rumah yang rusak.

Rumah dengan kerusakan parah salah satunya milikKasim (74).Rumah warga Puri A, Desa Purisemanding, ini bagian atapnya hilang semua tersapu angin kencang saat hujan deras melanda pada Kamis sore.

"Atap rumah rusak total. Terkena angin itu, atapnya lepas semua," ujarnya saat ditemui wartawan di rumahnya, Jumat (26/11).

Meski rumahnya tidak bisa ditempati, dia tetap bertahan dengan memanfaatkan terpal untuk berteduh.Kasim berharap, ada bantuan dari pemerintah untuk membenahi rumahnya yang rusak. "Saya pasrah kepada kepala desa. Katanya nanti ada bantuan," ucapnya.

Kades Purisemanding Nurbata mengungkapkan, data hingga pagi ini ada 32 rumah yang mengalami kerusakan akibat hujan angin. Dari 32 yang terdampak, 12 rumah lainnya mengalami kerusakan parah sehingga tidak bisa dihuni.

Menurut dia, saat ini pemerintah desa sedang melakukan pendataan kebutuhan material untuk perbaikan rumah warga. Sementara, pemdes dan warga dengan dibantu para relawan tengah berjibaku untuk memperbaiki rumah dengan kerusakan ringan.

"Hari ini warga kerja bakti membantu yang terdampak puting beliung. Kami tinggal mendata meterial yang dibutuhkan," ujarnya.

Disebutkan Nurbata, kebutuhan warga saat ini adalah bantuan material genting dan asbes. Kebutuhan tersebut dinilai darurat untuk menutupi rumah yang atapnya ambruk.

"Harapan kami, mudah-mudahan pemda segera menanggapi musibah ini. Sehingga ada bantuan yang dikucurkan untuk masyarakat yang terdampak musibah ini," kata Nurbata.

Sementara, Kepala BPBD Jombang Abdul Wahab mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan asesmen terhadap rumah warga yang rusak. Dari data yang ia kantongi, ada 29 rumah rusak dengan kategori ringan hingga berat.

Asesmen tersebut nantinya sebagai acuan BPBD memberikan bantuan material perbaikan rumah. "Yang rusak berat dan sedang kita bantu material, yang rusak ringan warga secara gotong royong memperbaiki. Materialnya nanti disesuaikan, misalnya asbes apa genting. Ini lagi proses asesmen," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, hujan deras disertai angin kencang menyapu Dusun Puri A, Desa Purisemanding pada Kamis (25/11) pukul 16.00 WIB. Akibatnya, 32 rumah mengalami kerusakan sedang hingga berat.

Tidak hanya itu. Sebagian warga juga terpaksa mengungsi ke rumah kerabat dan para tetangga. Salah seorang warga juga terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena tertimpa atap teras rumah.

Artikel Asli