Solo Raih Juara Umum Indeks Daya Saing Daerah se-Jateng

Nasional | republika | Published at Jumat, 26 November 2021 - 14:08
Solo Raih Juara Umum Indeks Daya Saing Daerah se-Jateng

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pemerintah Kota Solo meraih Juara Umum Kota Penghargaan Anugerah Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021. Sementara Juara Umum Kabupaten diraih oleh Pemerintah Kabupaten Sragen.

Penghargaan diterima langsung Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, serta Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang diserahkan oleh Gubernur Jateng, Ganjar Prabowo di Semarang, Kamis (25/11).

Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) menggambarkan kondisi dan kemampuan suatu daerah dalam mengoptimalkan seluruh potensi yang dimilikinya melalui peningkatan produktivitas, nilai tambah dan persaingan baik domestik maupun internasional demi kesejahteraan yang tinggi dan berkelanjutan.

IDSD juga dapat diartikan sebagai refleksi tingkat produktivitas, kemajuan, persaingan dan kemandirian suatu daerah.

Selain Solo dan Sragen, terdapat 12 kota/kabupaten lain yang mendapatkan penghargaan pada empat kategori lainnya, yakni ekosistem inovasi, faktor penguat, sumber daya manusia, dan pasar.

Ganjar mengucapkan selamat kepada para bupati/walikota dan masyarakat yang menerima penghargaan. Selama setahun, Pemprov Jateng mencatat ada sekitar 400 inovasi dari pemerintah kota/kabupaten maupun masyarakat.

"Ini kita kasih penghargaan kepada mereka yang berhasil melakukan kreasi inovasi. Ada daya saing dari kabupaten/kota dan kreasi inovasi dari masyarakat. Ternyata temuannya cukup banyak," kata Ganjar dalam siaran pers.

Dia menjelaskan, perlunya kreasi dan inovasi karena untuk menyongsong era industri 5.0. Para komunitas sebenarnya bisa menyelesaikan sendiri persoalan yang ada dengan memadukan berbagai kekuatan, sumber daya, termasuk teknologi digital.

"Ternyata banyak kabupaten/kota yang hebat-hebat. Tadi ada bagian masyarakat yang juga ikut terlibat dan hasilnya juga cukup bagus. Kita kasih penghargaan kepada mereka," imbuhnya.

Artikel Asli