Dosen Universitas BSI Latih Pembuatan Video Pembelajaran

Nasional | republika | Published at Jumat, 26 November 2021 - 13:42
Dosen Universitas BSI Latih Pembuatan Video Pembelajaran

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi memberikan pelatihan kepada para pengajar di Yayasan Pendidikan Nurul Hikmah, Sukabumi, pada 13-14 November 2021 di Yayasan Nurul Hikmah dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu rangkaian pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen di Universitas BSI kampus Sukabumi. Seperti diketahui, saat ini di Indonesia, khususnya Sukabumi, masih dalam suasana pandemi Covid-19 yang juga berdampak pada sektor pendidikan. Salah satunya kegiatan belajar mengajar (KBM) dilaksanakan secara daring dan luring.

Untuk itu, dimasa pandemi ini, setiap guru ditantang untuk melakukan inovasi pembelajaran. Agar siswa tidak jenuh dalam belajar saat daring.

Melihat hal itu, dosen Universitas BSI kampus Sukabumi memberikan pelatihan untuk guru dan staf Yayasan Pendidikan Islam Nurul Hikmah dengan tema pelatihan Video Animasi Pembelajaran Menggunakan Video Scribe pada Yayasan Pendidikan Islam Nurul Hikmah Sukabumi.

Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Masyarakat, Taufik Hidayatulloh mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi video scribe. Mengingat, pelatihan masih di era pandemi Covid-19, dosen Universitas BSI kampus Sukabumi memberikan pelatihan secara luring, untuk guru di Yayasan Pendidikan Islam Nurul Hikmah. Sedangkan sebagian panitia mengikuti kegiatan secara daring.

"Semoga dengan adanya pelatihan ini, bisa memberikan wawasan dan meningkatkan pengetahuan serta memberikan pemahaman mengenai video animasi pembelajaran," terang Taufik.

Taufik menjelaskan, media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan untuk menunjang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Salah satu media pembelajaran yang efektif adalah dengan menggunakan video pembelajaran. Sementara itu, video pembelajaran adalah suatu media yang dirancang secara sistematis dengan berpedoman kepada kurikulum yang berlaku. Sehingga program tersebut memungkinkan peserta didik, mencemarti materi pelajaran yang lebih mudah dan menarik. Maka dari itu, untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal, perlu adanya pemanfaatan media, salah satunya yaitu dengan menggunakan media video.

Pelatihan ini pun mendapat respon yang sangat baik dari para peserta terutama para guru. Mereka sangat antusias dengan adanya pelatihan ini, karena sangat bermanfaat bagi mereka.

Dalam kegiatan ini, peserta juga menerima pelatihan secara jelas dan dapat memahami materi pelatihan video animasi pembelajaran menggunakan Video Scribe. Sehingga mereka bisa mengembangkan media pembelajaran untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya.

Selaku tim pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat Universitas BSI kampus Sukabumi, kami ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya pelatihan ini. Dan kami berharap guru dan staf di Yayasan Pendidikan Islam Nurul Hikmah, segera dapat mengaplikasikan penggunaan Video Scribe ini dalam mengelola segala aktivitas yang berhubungan dengan proses belajar mengajar di sekolah dan keperluan lainnya. Semoga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran menggunakan aplikasi Video Scribe," katanya.

Artikel Asli