Vaksinasi Pelajar di Jatim Lampaui Target, Mayoritas Telah Dua Dosis

Nasional | jawapos | Published at Jumat, 26 November 2021 - 13:35
Vaksinasi Pelajar di Jatim Lampaui Target, Mayoritas Telah Dua Dosis

JawaPos.com Pelaksanaan vaksinasi pelajar usia 1217 tahun di Jawa Timur (Jatim) berlangsung cukup cepat. Sejak digulirkan dua bulan lalu, program tersebut sudah melebihi target.

Dari total kuota pelajar penerima vaksin di Jatim yang mencapai 3,5 juta siswa, yang sudah divaksin dosis kesatu mencapai 3.456.201 sasaran atau 96,38 persen dari target. Sedangkan vaksinasi dosis kedua sudah tembus 2.528.371 pelajar (mencapai 70,50 persen).

Juru Bicara Satgas Covid-19 Jatim dr Makhyan Jibril menjelaskan, percepatan vaksinasi tak terlepas dari peran pemerintah daerah. Khususnya sentra vaksinasi di sekolah-sekolah yang disediakan untuk para siswa, katanya.

Selain itu, regulasi yang meminta agar siswa divaksin sebelum ikut pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas ikut berperan. Termasuk, keinginan siswa ikut berpartisipasi dalam vaksinasi juga tinggi.

Karena itu, terang Jibril, program vaksinasi pelajar diperkirakan bisa rampung 100 persen sebelum akhir tahun 2021. Dengan tuntasnya vaksinasi, risiko persebaran Covid-19 saat PTM bisa ditekan. Para guru saat ini juga sudah selesai divaksin, ujarnya.

Lalu, untuk vaksinasi anak usia 511 tahun? Jibril menegaskan bahwa Jatim siap menerapkannya. Pola vaksinasi akan dibuat serupa. Basisnya vaksinasi dilaksanakan di sekolah tempat anak belajar. Namun, hingga saat ini belum ada petunjuk teknis dari pusat. Untuk segera melaksanakan vaksinasi anak setelah balita itu, ucapnya.

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim Hikmah Bafaqih mendukung penuh upaya pemerintah mempercepat vaksinasi. Sebab, vaksin bisa menjadi salah satu proteksi sisa dalam melangsungkan PTM. Mengingat, terlalu panjangnya pembelajaran daring berdampak negatif. Membuat siswa kecanduan gadget. Karena itu, belajar offline di sekolah saat ini sudah sangat dibutuhkan, tuturnya.

Hingga kemarin vaksinasi bagi pelajar usia 1217 tahun masih berlangsung di berbagai daerah. Seperti yang digelar Puskesmas Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, yang mengadakan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua bagi pelajar tingkat SD atau sederajat kemarin.

Artikel Asli