7 Camilan simpel dan bergizi ini bikin tubuh berenergi saat bekerja

Nasional | brilio.net | Published at Jumat, 26 November 2021 - 13:05
7 Camilan simpel dan bergizi ini bikin tubuh berenergi saat bekerja

Brilio.net - Orang yang sedang sibuk bekerja biasanya cenderung malas mengonsumsi makanan berat. Tak makan nasi, tapi lebih memilih mengganjal perut dengan camilan.

Meskipun camilan dikenal praktis, tapi kamu harus tetap pilih camilan yang kaya akan gizi. Penting untuk tetap menjaga asupan makanan bernutrisi supaya tubuh tetap berenergi dan produktif.

Berikut tujuh camilan simpel dan sehat yang bisa menunjang tubuh tetap berenergi selama jam kerja, BrilioFood rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (26/11).

1. Kacang-kacangan dan buah kering.

foto: freepik.com

Kacang-kacangan dan buah kering merupakan kombinasi camilan sehat yang tidak mudah busuk. Kedua makanan ini kaya akan serat serta dapat membantu tubuh tetap merasa kenyang. Dilansir dari healthline.com, kacang-kacangan mengandung protein yang sehat dan buah kering juga dapat memenuhi asupan karbohidrat 'sementara' yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Salad.

foto: freepik.com

Salad bisa menjadi salah satu camilan sehat yang dapat membantu tubuh merasa kenyang. Kamu bisa memilih salad yang terbuat dari campuran sayur, buah kering, saus mayonaise rendah lemak, serta perasan lemon. Tak cuma lezat, camilan ini menawarkan banyak vitamin, mineral, dan serat.

3. Apel dan selai kacang.

foto: freepik.com

Irisan apel dan selai kacang bisa menjadi camilan lezat yang memuaskan. Dilansir dari medicalnewstoday.com, apel kaya akan serat dan air yang dapat membantu tubuh merasa kenyang dan menurunkan berat badan. Sedangkan selai kacang juga menyumbang protein dan lemak sehat.

4. Granola.

foto: freepik.com

Pilih granola produk rumahan atau yang dibuat sendiri tanpa banyak gula, supaya lebih sehat. Dilansir dari goodhousekeeping.com, granola mengandung kalori dan serat yang membuat tubuh merasa kenyang.

5. Edamame.

foto: pixabay.com

Edamame yang diolah dengan cara dikukus atau dikeringkan juga dapat menjadi camilan sehat. Jenis kedelai ini kaya akan protein nabati yang berkualitas tinggi. Dilansir dari healthline.com, protein kedelai sama dengan yang ada pada daging sapi. Protein ini sekaligus mampu mengontrol nafsu makan dan menurunkan berat badan.

6. Kacang mete.

foto: freepik.com

Kacang mete dapat menjadi camilan praktis bergizi tinggi. Dilansir dari healthline.com, kacang mete mengandung lemak sehat yang bagi jantung, vitamin, dan mineral. Selain itu, kacang mete juga kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu mata menjadi lebih sehat.

7. Keripik buah.

foto: freepik.com

Jika membawa buah segar terlalu merepotkan, kamu bisa camilan kripik buah. Camilan praktis satu ini dikenal rendah gula tapi mengandung serat yang tinggi.

Artikel Asli