Menteri PANRB Terbitkan Edaran, ASN Dilarang Lakukan Ini selama Libur Nataru

Nasional | limapagi.id | Published at Jumat, 26 November 2021 - 11:40
Menteri PANRB Terbitkan Edaran, ASN Dilarang Lakukan Ini selama Libur Nataru

LIMAPAGI - Pemerintah terus mengeluarkan langkah antisipasi peningkatan penyebaran Covid-19 selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Sejumlah kebijakan dibuat agar pergerakan masyarakat bisa dibatasi.

Tak hanya masyarakat biasa, aparatur sipil negara (ASN) juga diimbau untuk menghabiskan waktu libur Nataru di rumah saja. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 26 Tahun 2021.

SE itu mengatur pembatasan kegiatan berpergian ke luar daerah dan/atau cuti bagi pegawai ASN selama periode libur Nataru dalam masa pandemi Covid-19. Larangan ini berlaku mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

"Ini dilakukan sebagai langkah pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang berpotensi meningkat dikarenakan perjalanan orang selama Nataru," kata Tjahjo Kumolo, Menteri PANRB, seperti dilansir Limapagi dari situs resmi Sekretariat Kabinet, Kamis 25 November 2021.

Namun, larangan ini dikecualikan bagi ASN yang cuti melahirkan dan cuti sakit. Selain itu, cuti yang dikarenakan alasan penting juga diperbolehkan.

Sementara, larangan kegiatan bepergian ke luar daerah dikecualikan bagi ASN yang bertempat tinggal dan bekerja di instansi yang berlokasi di wilayah aglomerasi.

Pengecualian juga diberikan pada pegawai yang dalam keadaan terpaksa perlu melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah. Namun, mereka juga harus mendapat izin tertulis dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di lingkungan instansinya.

Artikel Asli