Motif Pinjam Korek, Tiga Warga Kudus Jadi Korban Curas

Nasional | limapagi.id | Published at Jumat, 26 November 2021 - 12:42
Motif Pinjam Korek, Tiga Warga Kudus Jadi Korban Curas

LIMAPAGI - Satuan Reserse Polres Kudus belum lama ini membekuk dua pelaku pencurian dengan kekerasan di SPBU Karawang, Jekulo. Pelaku melancarkan aksinya dengan motif pura-pura pinjam korek.

Kedua pelaku curas tersebut berinisial FT 20 tahun dan CM 21 tahun. Mereka merupakan warga Kecamatan Kota dan Kaliwungu, Kudus.

Kapolres Kudus, AKBP Aditya Surya Dharma melalui Kasat Reskrim, AKP Agustinus David mengatakan curas ini terjadi di SPBU Karawang, Desa Hadipolo Kecamatan Jekulo pada 23 Oktober 2021 lalu. Kejadian pada dini hari sekitar pukul 02.00 WIB.

Lebih lanjut, David mengungkapkan kejadian bermula saat Ibrahim Biyan Putra (20), Muh Riqza Mahda (18), dan Ryan Andre Saputra (19) menunggu temannya yang mengisi bensin di SPBU Karawang.

"Sehabis pulang dari rumah temannya di Ngembalrejo, mereka datang ke SPBU Karawang berlima. Di SPBU dua korban pergi mengisi bensin. Sedangkan ketiga korban lainnya menunggu di sebelah Utara SPBU," kata Aditya, Jumat, 26 November 2021.

Di tengah-tengah waktu menunggu temannya mengisi bensin. Tiga korban dihampiri tiga orang tak dikenal dengan menggunakan sepeda motor Yamaha Nmax.

Salah satu pelaku lalu melancarkan aksinya dengan pura-pura meminjam korek. Ketika korban Ibrahim hendak mengambilkan korek, salah satu pelaku kemudian menodongkan celurit ke arah korban dan meminta HP korban.

"Setelah meminta HP korban Ibrahim, pelaku selanjutnya meminta HP teman korban, Muh Riqza Mahda dan Ryan Andre Saputra. Namun salah satu diantara mereka ada yang mengaku tak punya HP," jelasnya.

Mendengar perkataan tersebut, pelaku yang marah kemudian membacok bahu sebelah kanan Ryan Andre Saputra. Setelah itu pelaku kabur dengan dua rekannya ke arah Utara. Ketiga korban sempat mengejar tapi di tengah jalan mereka kehilangan jejak.

"Ketiga korban lalu melaporkan kejadian ini ke Polres Kudus dan melakukan visum didampingi orang tuanya," terangnya.

Dari pengakuan ketiganya, mereka mengalami kerugian senilai Rp4 juta. Tak hanya itu, akibat kejadian tersebut mereka mengalami luka gores di bagian bahu sebelah kanan dan luka di bagian tangan sebelah kiri.

"Laporan itu ditindaklanjuti Sat Reskrim Polres Kudus dengan melakukan penyelidikan. Dan pada 24 November 2021 sekira pukul 21.00 WIB Sat Reskrim Polres Kudus berhasil mengamankan dua tersangka. Sementara satu tersangka lainnya masih buron," tandasnya.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dijerat Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dan Kekerasan dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

Artikel Asli