Al Hidayat Samsu Soroti Kesejahteraan Guru di Makassar yang Masih Minim

Nasional | sulselsatu.com | Published at Jumat, 26 November 2021 - 11:26
Al Hidayat Samsu Soroti Kesejahteraan Guru di Makassar yang Masih Minim

SULSELSATU.com, MAKASSAR Anggota DPRD Kota Makassar Al Hidayat Samsu menyoroti kesejahteraan guru yang dianggap masih sangat minim.

Makanya dia mengajukan Peraturan Daerah (Perda) tentang Perlindungan Guru di DPRD Kota Makassar.

Saya sudah berupaya agar bagaimana kesejahteraan guru-guru ini bisa diakomodir, ini hanya beberapa yang support sampai masuk Pansus, tapi saya rasa ini sulit kecuali walikota murni dorong ke situ (anggarannya), tutur Hidayat saat menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) No.1 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Hotel Gammara, Jalan Metro Tanjung Bunga kemarin.

Selain itu, politusu PDIP tersebut juga menekankan pentingnya pengembangan soft skill di luar lingkungan sekolah dalam rangka peningkatan kompetensi siswa. Upaya tersebut dianggap penting melatih anak agar siap memasuki lingkungan kerja.

Hidayat mengatakan soft skill diperoleh tak hanya dari pendidikan formal melainkan juga pendidikan informal dimana peran keluarga dan lingkungan menjadi krusial dalam implementasinya.

Sekarang minimnya lapangan kerja, kualitas adaptasi warga yang cari kerja ini perlu ditingkatkan. Makanya perlu ada program sekolah nonformal bagi warga, urainya.

Hal ini perlu dilatih sejak dini, tak hanya menunggu anak-anak lepas dari bangku kuliah. Dia mengatakan setidaknya masih ada sebanyak 37% tamatan SMA/SMK di Indonesia yang tidak melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan, kesulitan mencari kerja lantaran tak siap, baik mental maupun skill.

Jadi 37% ini dalam konteks SMA, tapi ini juga masuk menjadi tugas kita karena masuk ke dalam Makassar yang kemudian kita perlu wadahi, ujarnya.

Artikel Asli