75 Desainer Gebrak Panggung Jakarta Fashion Week Selama 4 Hari

Nasional | jawapos | Published at Jumat, 26 November 2021 - 11:35
75 Desainer Gebrak Panggung Jakarta Fashion Week Selama 4 Hari

JawaPos.com Sebanyak 75 desainer tampil megah di Jakarta Fashion Week (JFW) 2022 resmi. Pekan mode ini diselenggarakan secara virtual selama 4 hari, dari tanggal 25-28 November 2021.

Dalam Opening Show, Jakarta Fashion Week menampilkan JFW 2022 Icons, Ken dan Intan. bersama Grand Finalists dan model yang lolos kurasi JFW Model Search 2021. Ada beberapa show yang hadir, di antaranya :

1. Senayan City x Samsung menghadirkan koleksi dari Jeffry Tan dan SOE Jakarta. Terinspirasi 3 destinasi favoritnya, yaitu Paris, Bali, dan Tokyo, Jeffry Tan mengetengahkan koleksi womenswear terbaru dengan sentuhan opulence khas Parisian, nyaman dan santai ala Bali, serta detail origami dan kimono khas Jepang.

2. SOE Jakarta terinspirasi hobi baru yang meluas dalam dua tahun terakhir, seperti merajut dan menjahit, yang hadir lewat detail crochet, cording, dan patchwork di koleksi mereka yang menggunakan kain tenun hasil buatan tangan perajin di Pekalongan dan dipadukan dengan kain modern, seperti organza. Desainnya pun bisa dibongkar pasang untuk mendapat bentuk yang baru.

3. Menjadi official sponsor di JFW 2022, Lazada mempersembahkan show Energy in Motion yang pertama yang diwakili oleh tiga label, yaitu NadjanixHijab Wanita Cantik, Gagn, dan Nona. Nadjani hadir dengan koleksi yang didominasi motif patchwork yang colorful, Hijab Wanita Cantik membawa koleksi dalam warna lembut, Gagne mengetengahkan koleksi daily wear, dan Nona menunjukkan koleksi manis, baik dari segi warna maupun potongan
pada dress, skirt, dan celana panjang mereka.

4. Kolaborasi seru juga membuka JFW 2022 masih berlanjut hingga show penutup di hari pertama. Ada pula TikTok Runway Show mempersembahkan karya dari Sejauh Mata Memandang dan Danjyo Hiyoji. Berkolaborasi dengan Dian Sastrowardoyo, Sejauh Mata Memandang hadirkan koleksi bertajuk Tumbuh,

5. Lain lagi dengan Danjyo Hiyoji, yang memamerkan deretan busana dengan sentuhan warna-warna TikTok, yaitu hitam, putih, splash blue, dan razzmatazz fuchsia dengan sentuhan streetwear boldness khas Danjyo.

Usung Fashion Berkelanjutan

Ketua Umum JFW dan Direktur Utama GCM Group Svida Alisjahbana, menjelaskan fashion eberlanjutan ini memang penting untuk diangkat sebagai pengingat kepada para desainer bahwa kita harus selalu friendly terhadap bumi.

Fashion berkelanjutan mencakup bagaimana industri fashion di sebuah negara bisa melakukan regenerasi, yang menghasilkan desainer-desainer berbakat. Salah satunya lewat fashion school, sehingga industri fashion makin berjaya.

Fashion sustainability sebenarnya pun tidak melulu hanya dilihat dari penggunaan material yang ramah lingkungan, namun juga dari segala sisi, katanya.

Artikel Asli