Sebanyak 428 Perusahaan di Surabaya Buka Ribuan Lowongan Pekerjaan

Nasional | jawapos | Published at Jumat, 26 November 2021 - 10:23
Sebanyak 428 Perusahaan di Surabaya Buka Ribuan Lowongan Pekerjaan

JawaPos.com- Geliat dunia usaha di Surabaya terus bangkit. Satu bukti itu terlihat pada aplikasi siap kerja milik dinas tenaga kerja (disnaker). Sejumlah perusahaan mulai membuka lowongan pekerjaan (loker). Mereka berlomba menggaet pencari kerja atau sumber daya manusia (SDM).

Kadisnaker Surabaya Achmad Zaini menyampaikan, sejauh ini di aplikasi siap kerja tersedia sebanyak 1.197 loker. Lapangan pekerjaan itu berasal dari 428 perusahaan di berbagai bidang. Kami optimistis jumlah loker serta perusahaan yang berpartisipasi bertambah, ucapnya Kamis (25/11).

Calon pekerja pun sangat antusias. Terhitung sudah ada 4.207 pencari kerja. Para pelamar kerja harus mendaftar melalui laman disnaker.surabaya.go.id. Zaini menjelaskan, aplikasi itu sangat memudahkan warga. Peserta tinggal memilih bidang pekerjaan yang dirasa pas dengan latar belakang pendidikan serta minatnya.

Bidang pekerjaan yang tersedia, antara lain, pendidikan, perbankan, kesehatan, marketing, konstruksi, transportasi dan logistik, HRD, akuntan, dan engineering. Pelamar juga bisa memilih posisi pekerjaan. Mulai staf, supervisor, asisten manajer, manajer, hingga direktur. Informasi bidang pekerjaan sudah ada di link. Tinggal klik, tuturnya.

Angkatan kerja baru juga terus bermunculan. Untuk memfasilitasi hal itu, kemarin Disnaker Surabaya menggelar bimbingan teknis (bimtek) penempatan tenaga kerja. Kegiatan tersebut dihelat di auditorium SMKN 5 Surabaya.

Bimtek itu diikuti pengelola bursa kerja khusus (BKK). Mereka berasal dari sekitar 60 SMK se-Surabaya. Materi yang diajarkan di SMK akan diselaraskan dengan permintaan dunia usaha, papar Zaini.

Artikel Asli