Vaksinasi Sudah Lampaui Target, tapi Sidoarjo Belum PPKM Level 1

Nasional | jawapos | Published at Jumat, 26 November 2021 - 09:55
Vaksinasi Sudah Lampaui Target, tapi Sidoarjo Belum PPKM Level 1

JawaPos.com- Vaksinasi dosis pertama dan lansia di Sidoarjo telah mencapai target. Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri), sebetulnya Sidoarjo sudah memenuhi syarat masuk pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1. Namun, hingga kini (25/11) Kota Delta masih tetap berada di level 2.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo drg Syaf Satriawarman SpPros mengatakan, meski belum ada surat edaran (SE) dari Mendagri tentang status level baru, namun berdasar asesmen situasi Covid-19 sejatinya Sidoarjo masuk PPKM level 1. Penilaian tersebut berasal dari Kementerian Kesehatan. Data itu disampaikan kepada pihak provinsi pada 21 November lalu.

Surat dari Mendagri mungkin baru terbit minggu depan. Sampai sekarang belum ada (penetapan level 1) dan masih level 2, kata Syaf.

Sebelumnya, kondisi itu juga pernah terjadi. Keterlambatan pengumuman level wilayah sesuai dengan cakupan vaksinasi. Ketika itu, Sidoarjo memenuhi syarat untuk masuk level 2, tapi belum berada pada kategori tersebut saat ada pengumuman level terbaru. Perubahan level baru tersebut tetap diumumkan sepekan kemudian.

Kendari demikian, hal itu memang lebih lama daripada data yang telah dilaporkan. Syaf pun mengimbau agar semua pihak untuk bersabar menunggu pengumuman dan kebijakan dari pemerintah. Terlebih, semua wilayah dalam waktu dekat masuk level 3. Tepatnya, menghadapi Natal dan tahun baru (Nataru).

Dia menilai ada kemungkinan pengumuman kenaikan level lebih lama untuk meredam warga agar tidak euforia berlebihan dengan capaian level anyar. Supaya masyarakat tetap taat protokol kesehatan meski sudah level 1. Dengan begitu, mereka tidak abai dan lalai menjelang pergantian tahun, ujar mantan wakil direktur perencanaan dan pendidikan RSUD Sidoarjo itu.

Untuk diketahui, capaian vaksinasi masyarakat umum hingga saat ini di Sidoarjo sudah lebih dari 78,89 persen untuk dosis pertama. Khusus lansia sudah mencapai 68,70 persen. Dinkes, Polri, dan pihak terkait lain masih tetap menyelenggarakan vaksinasi meski target terpenuhi untuk mencapai level 1. Dengan PPKM level 1 maka ada pelonggaran-pelonggaran lebih dibandingkan PPKM level 2 atau 3.

Menurut Syaf, untuk dapat mencapai vaksinasi penuh 100 persen sasaran sejauh ini memang belum memungkinkan. Salah satu penyebabnya, sudah banyak warga Sidoarjo yang mengikuti vaksinasi di daerah lain. Misalnya, di Surabaya yang capaiannya melampaui 100 persen. Jadi, banyak orang Sidoarjo yang bekerja di Surabaya sudah vaksinasi di sana, lanjutnya.

Syaf tetap berharap warga taat prokes apa pun level wilayah saat ini. Yang pasti, selter isolasi untuk pasien tetap dipersiapkan sebagai antisipasi. Meski, sudah jarang yang menggunakannya. Sebab, pertambahan kasus positif baru tidak signifikan.

Artikel Asli