Di Lotim, Guru Berprestasi Bisa Dapat Hadiah Umrah Gratis, Ini Syaratnya!

Nasional | lombokpost | Published at Jumat, 26 November 2021 - 09:30
Di Lotim, Guru Berprestasi Bisa Dapat Hadiah Umrah Gratis, Ini Syaratnya!

SELONG -Apel peringatan Hari Guru Nasional 2021 di Lombok Timur diwarnai dengan rencana pemkab untuk memberikan reward atau hadiah bagi guru berprestasi. Hal tersebut disampaikan Bupati Lotim HM Sukiman Azmy usai membacakan amanah Menteri Dikbudristekdikti.

Guru berprestasi terbaik yang terpilih ini insya Allah akan kita berikan hadiah umrah, kata Sukiman kepada Lombok Post , Kamis (25/11).

Adapun guru berprestasi terbaik yang terpilih berjumlah sepuluh orang. Masing-masing dua orang guru berprestasi terbaik yang mengajar di SD, SMP, Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan TK/PAUD.

Ia menjelaskan, tahun depan, melalui Dikbud Lotim sebagai leading sektor, pemerintah akan membentuk tim penilai. Kata Sukiman, tim akan membentuk kriteria dan kisi-kisi khusus mengenai guru berprestasi terbaik. Dalam kriteria tersebut, akan banyak unsur penilaian yang diambil.

Tentu kita akan memilih yang terbaik yang diusulkan oleh masing-masing UPTD untuk dinilai kembali oleh tim khusus, jelasnya.

Kriteria yang diharapkan Sukiman sendiri terdiri dari prestasi, dedikasi, loyalitas, tidak tercela (PDLT). Dijelaskan, guru selain mendidik juga menunjukkan prestasinya melalui pengembangan ilmu pengetahuan mendidik yang dimiliki. Selanjutnya, dedikasi guru, terutama dalam mengajar.

Guru dari Selong dan setiap hari pergi mengajar ke Sambelia sana itu dedikasi, tuturnya.

Selanjutnya loyalitas kepada pimpinan dari satuan terkecilnya di sekolah, sampai ke atas. Lalu yang terakhir tidak tercela. Sukiman menegaskan, tidak sedikit guru di Lotim yang saat ini memiliki sifat tercela.

Prilakunya, amoralnya. Tukang cerai, tukang kawinnya. Tidak mungkin kita memilih orang-orang seperti itu, tegasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lotim Achmad Dewanto Hadi menjelaskan, sebelum ini pihaknya telah berkoordinasi dengan staf khusus bupati bidang pendidikan dan ketua dewan pendidikan Lotim. Di mana mereka akan membuat tim dan segera menggelar rapat teknis penilaian.

Tentu ini merupakan sebuah apresiasi pemerintah daerah untuk guru-guru kita, kata Dewanto.

Dijelaskan, representasi guru yang mendapat reward tersebut tidak hanya dari sekolah yang ada di bawah naungan Dikbud Lotim, tapi juga MI dan MTs yang berada di bawah naungan Kemenag Lotim.

Kata Dewanto, kendati guru sebenarnya sudah mendapat reward secara finansial seperti sertifikasi, namun apresiasi atas berbagai inovasi yang dilakukan juga sangat dibutuhkan. Ia mengutip amanah mendikbudristekdikti yang menjelaskan begitu banyakanya inovasi yang muncul dan tidak mampu untuk diidentifikasi seluruhnya.

Tentu hal tersebut merupakan pembelajaran yang baik bagi. Reward ini untuk memacu semangat guru-guru yang lain untuk berpretasi, mengembangkan diri dan memanifestasikan merdeka belajar itu sendiri, tuturnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan membentuk tim verifikasi guru berprestasi tersebut. Tim tersebut dikomandoi Dikbud Lotim, dan melibatkan dewan pendidikan, organisasi profesi guru, dan staf khusus. Tentu juga jejaring kita di bawah seperti Kepala UPTD, dan pengawas, jelasnya. (tih/r5)

Artikel Asli