Semarak Hari Jadi Kota Tangsel, RSU Gelar Aksi Donor Darah

Nasional | bantennews.co.id | Published at Jumat, 26 November 2021 - 08:07
Semarak Hari Jadi Kota Tangsel, RSU Gelar Aksi Donor Darah

TANGSEL Dalam rangka menyemarakkan hari jadi Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang ke-13 yang jatuh pada hari ini 26 November 2021, Rumah Sakit Umum (RSU) Tangsel menggelar aksi donor darah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lantai 8 Auditorium RSU Kota Tangsel pada Kamis, 25 November 2021.

Direktur Utama RSU Kota Tangsel, dr. Umi Kulsum mengatakan, aksi sosial donor darah ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pihaknya dalam menyemarakkan hari jadi Kota Tangsel dalam usianya yang telah meranjak remaja.

Kepala UDD PMI Tangsel Suhara Manullang ikut donor darah. (IST)

Alhamdulillah donor darah ini kita lakukan dalam rangka HUT Tangsel yang ke-13, khususnya dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat di Kota Tangerang Selatan, ungkap Umi, sembari ikut mendonorkan darahnya.

Umi mengatakan, peserta donor darah dibuka bagi umum. Kegiatan itu pun mampu mengundang antusias masyarakat yang cukup tinggi.

Peserta kita buka untuk umum, mulai dari pegawai, keluarga pegawai, kemudian ada pasien juga yang berobat bisa donor ke sini, dan kita juga buka on the spot, bisa untuk masyarakat umum di luar wilayah Tangsel. Targetnya 200 orang, jelas Umi.

Ia menerangkan, kegiatan ini dilakukan bukan tanpa tujuan. Menurutnya, darah merupakan aspek yang penting dan sangat dibutuhkan dalam dunia kesehatan.

Kenapa kita memilih donor darah? Seperti kita ketahui bahwa hampir dua tahun ini kita dilanda pandemi. Jadi kita sama-sama prihatin dengan kondisi ini. Untuk kebutuhan darah terbatas. Dalam hal ini kita juga membantu PMI, yang selama ini sudah mendorong kita dalam pelayanan kesehatan dan membantu sekali untuk pemenuhan kebutuhan darah, ungkapnya.

Warga antusias mengikuti donor darah yang digelar RSU Kota Tangsel.

Ia pun berharap, kegiatan ini mampu menyadarkan masyarakat untuk tidak khawatir lagi dalam mendonorkan darahnya.

Kesehatan ini garda terdepan. Selama ini mungkin masyarakat itu takut untuk donor darah. Yang tadinya tiga bulan sekali rutin, sekarang takut. Insya Allah masyarakat mulai tergerak lagi hatinya untuk menyumbangkan darahnya untuk keberlangsungan donor darah, terangnya.

Ia pun menyempatkan dirinya untuk mengucap rasa syukur atas hari jadi Kota Tangsel ini. Terutama Pemkot Tangsel yang selalu mendukung program-program kesehatan dengan menyediakan sarana prasarana kebutuhan rumah sakit.

Saya juga ucapkan terimakasih setinggi-tingginya untuk PMI Tangsel yang mana selalu kita diberi kemudahan untuk pelayanan darah selama ini. Insya allah kita selalu bisa bersinergi selalu. Kepada pendonor kami ucapkan terimakasih atas kerelaannya sudah mendonorkan darahnya secara sukarela, sambungnya.

Sementara Kepala Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kota Tangsel, Suhara Manullang mengatakan bahwa kegiatan ini sangatlah bermanfaat. Mengingat darah menjadi kebutuhan yang sangat penting.

RSU dalam satu bulannya membutuhkan 400 sampai 500 kantong, artinya sehari 20 kantong. Dengan ini target 200, semoga dapat memenuhi seluruh kebutuhan darah. Kegiatan ini pun akan kami lakukan secara rutin, ujar Suhara.

Menurutnya, kegiatan ini mampu membantu PMI dalam memenuhi seluruh kebutuhan darah yang mencapai hingga 2.000 kantong perbulan.

PMI perhari menerima permintaan hingga 60-70 kantong. Berarti dalam sebulan mencapai di atas 2.000-an. Semoga dengan ini kami dapat mencukupi seluruh kebutuhan yang datang tak hanya dari rumah sakit di Tangsel, namun juga di luar Tangsel, pungkasnya. ( Adv )

Artikel Asli