Nataru, Dengerin Arahan Jokowi

Nasional | rm.id | Published at Jumat, 26 November 2021 - 08:00
Nataru, Dengerin Arahan Jokowi

Libur Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022 sudah semakin dekat. Presiden Jokowi mengingatkan jajarannya untuk mengantisipasi libur Nataru agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Melalui meme, @ lawancovid19_id mengungkapkan enam arahan Presiden Jokowi untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 pada libur Nataru.

Pertama, meminta semua Kementerian/ Lembaga mengutamakan kerja sama dan koordinasi dalam mengendalikan pandemi Covid-19.

Kedua, kepala daerah diminta terus menyeimbangkan gas dan rem dalam upaya pengendalian pandemi dan pemulihan ekonomi.

Ketiga, memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) pada tiap rangkaian kegiatan konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 yang mulai dilaksanakan awal Desember.

Keempat, Presiden Jokowi meminta jajarannya untuk terus memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat. Khususnya mengenai rencana penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di seluruh Indonesia pada saat Nataru.

Presiden Jokowi minta Menteri Kesehatan memastikan kesiapan fasilitas kesehatan dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19 dan memenuhi target cakupan vaksinasi di akhir tahun, yakni 70 persen dari jumlah sasaran, tutur @ lawancovid_id .

Akun @ M3juahjuah menilai arahan Presiden Jokowi dalam menghadapi libur Nataru sudah tepat. Karena itu, jajaran pemerintah pusat dan daerah (pemda) diharapkan melaksanakan arahan tersebut.

Yuk ikuti arahan Presiden Jokowi agar Indonesia bisa terus berhasil menekan penyebaran pandemi Covid-19 ini, katanya.

Akun @ bimasatya252 mengatakan, arahan Presiden Jokowi agar Kementerian/Lembaga terus berkoordinasi, akan berdampak positif terhadap penanganan Covid-19 selama periode Nataru. Saat ini pun, kata dia, keberhasilan menurunkan angka Covid-19 tidak lepas dari kerjasama dan koordinasi Kementerian/Lembaga.

Kerja sama, koordinasi dan sinergi yang dilakukan bersama Kementerian/Lembaga dan dibantu masyarakat sangat diperlukan untuk mengatasi penyebaran Covid-19 selama Nataru, ujar @ st_nurjanahh .

Akun @ IDNG20INVT menyambung. Kata dia, arahan Presiden Jokowi yang harus dipatuhi Pemerintah adalah menginformasikan penerapan PPKM level 3. Hal itu penting sekali, karena ada beberapa daerah yang menolak pemberlakuan PPKM level tiga.

Mereka menginginkan situasi menjadi normal kembali, ungkapnya.

Tetap cegah penularan Covid-19 saat libur Nataru, baik di desa maupun di kota. Ikuti arahan Presiden Jokowi demi kebaikan bersama, ujar @ BenhardMatonda1 . [ASI]

Artikel Asli