Saudi Izinkan Warga RI Masuk tanpa Karantina Negara Ketiga

Nasional | republika | Published at Jumat, 26 November 2021 - 07:23
Saudi Izinkan Warga RI Masuk tanpa Karantina Negara Ketiga

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH -- Arab Saudi mengumumkan akan mengizinkan warga dari enam negaralangsung masuk ( direct entry ) tanpa melewati karantina 14 hari di negara ketiga. Enam negara tersebut adalahIndonesia, Pakistan, India, Mesir, Brasil, dan Vietnam.

Saudi Press Agency melaporkan dengan mengutip sumber dari Kementerian Dalam Negeri, seperti dilansirdi Saudi Gazette , Kamis (25/11), perintah ini baru akan berlaku mulai pukul 01.00 pada Rabu, 1Desember 2021.Semua yang berasal dari negara-negara ini diwajibkan menghabiskan lima hari karantina di lembaga yang ditunjuk, terlepas dari status imunisasi mereka di luar Kerajaan.

Sumber kementerian mengatakan mereka akan terus menerapkan pengecualian yang dikeluarkan sebelumnya terkait karantina untuk beberapa kategori pelancong. Negara-negara lainnya yang masih menghadapi larangan masuk adalah Turki, Ethiopia, Afghanistan, dan Lebanon.

Kementerian Dalam Negeri Saudi menekankan pentingnyamenerapkan semua tindakan pencegahan dan protokol untuk mencegah penyebaran coronavirus. "Semua prosedur dan langkah-langkah tunduk pada evaluasi terus-menerus oleh otoritas kesehatan yang kompeten di Kerajaan, menurut perkembangan situasi epidemiologi global," sumber itu mengatakan.

Keputusan tersebut diambil setelah tindak lanjut situasi pandemi secara lokal dan global. Selain itu, keputusan jugadiambil setelah memeriksa laporan dari otoritas kesehatan Saudi mengenai perkembangan dari pandemi dan tingkat stabilitas situasi epidemiologi di sejumlah negara.

Artikel Asli