10 Parpol Dapat Dana Hibah Pemkab Tala, Total Rp 1,4 M Lebih

Nasional | apahabar.com | Published at Jumat, 26 November 2021 - 06:43
10 Parpol Dapat Dana Hibah Pemkab Tala, Total Rp 1,4 M Lebih

apahabar.com, TANAH LAUT Sebanyak 10 partai politik (Parpol) dapat dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala).

Totalnya Rp 1,4 miliar lebih. Jika dirincikan, dana hibah untuk pembinaan Parpol di Tala sebesar Rp 8.350 per suara sah.

Ini berdasarkan Keputusan Bupat Tala Nomor 188.45/298-KUM/2021 tentang Hibah Bantuan Keuangan pada Partai Politik Kabupaten Tanah Laut Tahun 2021.

Secara keseluruhan, jumlah dihibahkan kepada 10 partai adalah Rp1.464.698.550, kata Staf Ahli Setdakab Tala, HM Mursyi seperti dilansir Antara, Jumat (26/11).

Sementara itu untuk mengurangi kesulitan yang dihadapi parpol saat melaporkan dana hibah yang diterima dilakukan pelatihan.

Terutama perihal perpajakan, hukum dan laporan pertanggungjawaban. Biasanya pajak yang sering mereka tanyakan, ujar Kepala Sub Bagian Kelembagaan Partai Politik dan Fasilitas Pemilu Bakesbangpol Tala, Bahtiar.

Meningkatkan kemampuan pengurus partai mengelola dana tersebut, Pemkab Tala melalui dinas terkait melatih pengurus tentang administrasi dan sistem pelaporan.

Pelatihan menghadirkan beberapa narasumber, di antaranya dari Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Pelaihari, Bagian Hukum Sekretariat Daerah Setda Tala dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Diharapkan para parpol dapat menyajikan laporan dengan baik tanpa kendala lagi, terutama dalam perpajakan.

Dijelaskannya, jadwal untuk pelaporan hibah tersebut, terang dia, ditargetkan selesai pada Januari 2022.

Setiap pelaporan yang sering ditanyakan itu perpajakan, semoga partai politik yang sudah hadir hari ini benar-benar memahami bagaimana pelaporan selanjutnya, agar tidak terkendala, harap Bahtiar.

Adapun 10 parpol yang menerima dana hibah Pemkab Tala yakni Partai Nasdem, PKB, PKS, PDI Perjuangan, Golkar, Gerinda, Demokrat, PAN, PPP dan Hanura.

Artikel Asli