Warga Banten Diimbau Tak Mudik

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Jumat, 26 November 2021 - 06:35
Warga Banten  Diimbau Tak Mudik

SERANG - Masyarakat Banten diminta agar tidak mudik saat libur Natal dan Tahun Baru 2022 untuk mengantisipasi dan mencegah penularan dan terjadinya gelombang ketiga wabah Covid-19.

"Masyarakat kami minta agar tidak mudik saat libur Natal dan Tahun Baru 2022 secara sederhana bersama keluarga di rumah masing-masing," kata Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto di Mapolda Banten, di Serang, Kamis (25/11).

Menurut Kapolda, dengan dikeluarkannya Inmedagri No. 62 Tahun 2021, pemerintah akan memberlakukan status PPKM level 3 secara nasional sehingga mobilitas dan aktivitas masyarakat akan dibatasi sesuai dengan klausul-klausul yang telah dikeluarkan dalam Inmedagri tersebut.

"Mobilitas dan aktivitas warga akan dibatasi sesuai ketentuan dalam PPKM level 3 sehingga masyarakat diminta untuk tidak keluar kota dan mengisi hari liburnya dengan kegiatan berkualitas bersama keluarga," kata Rudy.

Ia mengatakan Polda Banten secara tegas akan melakukan pengawasan kegiatan masyarakat sesuai dengan ketentuan dalam Instruksi Mendagri sehingga sejak dini telah menyosialisasikan secara aktif informasi di dalam Instruksi Mendagri kepada masyarakat melalui beragam pola komunikasi.

"Fungsi humas agar aktif membuat konten kreatif dan rilis untuk menyampaikan kepada publik apa saja yang dirumuskan dalam Instruksi Mendagri, seperti pemberlakuan PPKM, pembatasan kapasitas pengunjung di tempat wisata, tempat ibadah, dan tempat publik lainnya," katanya.

Selain itu, kata Kapolda, fungsi Binmas harus aktif turun ke komunitas masyarakat untuk menyampaikan pesan dan informasi berdasarkan Instruksi Mendagri tersebut.

"Dirbinmas harus aktif turun mengunjungi para tokoh, baik tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh lainnya untuk menyosialisasikan secara intensif tentang aturan-aturan dalam Instruksi Mendagri," kata Rudy.

Dengan adanya sosialisasi yang masif, kata Kapolda, maka diharapkan informasi yang ada dalam Instruksi Mendagri akan dipahami masyarakat dan dapat direalisasikan.

Jangan Euforia

Sementara itu, Gubernur Banten Wahidin Halim mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan selalu melaksanakan protokol kesehatan (prokes) karena Covid-19 masih ada.

"Jangan euforia atau terlena. Meski libur Natal dan Tahun Baru 2022, tetap di rumah saja," kata Wahidin Halim dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 Tingkat Provinsi Banten di Alun-alun Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis.

Wahidin mengatakan para ahli memprediksi, kalau tidak waspada dan menjaga protokol kesehatan, pada Januari 2022 bisa terjadi gelombang ketiga Covid-19.

Menurut Wahidin, Provinsi Banten meraih penghargaan atas kecepatan respons dalam penanganan pandemi Covid-19. "Dalam menghadapi pandemi Covid-19, terbangun soliditas atau kekompakan, semua bekerja sama. Terbangun koordinasi, kerja sama, responsif dan terbangun inovasi," katanya.

Dalam kesempatan itu, Wahidin juga memaparkan capaian pembangunan Provinsi Banten mulai dari pembangunan jalan dan jembatan yang sudah bagus, pembangunan Kawasan Banten Lama, Banten International Stadium, bantuan untuk warga masyarakat terdampak Covid-19, hingga pertumbuhan ekonomi dan realisasi investasi yang tinggi.

"Itu semua adalah keberkahan dari penanganan pandemi Covid-19. Apa yang dikehendaki masyarakat, kita laksanakan," katanya.

Artikel Asli