Berlaku Adil Pada Anak

Nasional | republika | Published at Jumat, 26 November 2021 - 05:09
Berlaku Adil Pada Anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perlakuan adil orang tua dalam memberikan hadiah pada anak akan membuat setiap anak merasakan cinta kasih yang sama. Selain itu sikap adil orang tua akan membuat anak-anak menjadi saling menghormati dan menghilangkan rasa iri.

Rasulullah pernah mengingatkan basyir Radiyallahu Anhu karena ia tidak adil dalam hal membagi hadiah bagi anak-anaknya.

Kala itu Basyir hendak memberikan hadiah pada putranya yaitu Nu'man. Namun sebelum ia memberikan hadiah itu pada Nu'man, istrinya yakni 'Umrah binti Rawahah buru-buru memperingatkan suaminya. Ia meminta agar suaminya itu menghadap terlebih dulu pada Rasulullah, dan meminta agar Rasulullah menjadi saksi atas hadiah yang akan diberikan Basyir pada Nu'man.

Basyir pun menghadap Rasulullah, lalu Rasulullah menanyakan padanya tentang apakah perlakuan Basyir juga sama terhadap anak-anaknya yang lain selain Nu'man. Basyir pun mengakui bahwa dirinya telah berlaku tidak adil karena hanya memberikan hadiah pada Nu'man saja. Akhirnya Basyir pun membatalkan pemberian itu untuk menegakan keadilan di anatar anak-anaknya.

: : : , : , : .

Diriwayatkan Nu'man bin Basyir Radiyallahu Anhuma, ia berkata: Ayahku memberi padaku hadiah. Kemudian berkata 'Umrah binti Rawahah: Saya tidak rela engkau berikan Nu'man hadiah sebelum engkau mempersaksikannya kepada Rasulullah .

Artikel Asli