Pentingnya Memilih Pelumas yang Sesuai Kebutuhan Mesin

Nasional | republika | Published at Jumat, 26 November 2021 - 03:15
Pentingnya Memilih Pelumas yang Sesuai Kebutuhan Mesin

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Mesin kendaraan bermotor yang bekerja keras karena harus menanggung beban kendaraan yang cukup berat, mendorong kebutuhan pelumas yang sesuai agar mesin tetap optimal bekerja dan awet. Karena itu diperlukan pemahaman yang memadai dalam memilih pelumas atau oli yang sesuai bagi kendaraan bermotor.

"Perlu pengetahuan tambahan dari konsumen dalam memilih pelumas yang sesuai bagi kendaraan agar mesin tetap prima,"kata Federal Oil Marketing General Manager, Hasril Arsyad dalam keterangan tertulisnya Kamis (25/11).

Munculnya kendaraan bermotor bertransmisi otomatis juga berpengaruh pada pelumas yang dibutuhkan. Demikian pula sejumlah pabrikan yang meluncurkan pelumas standar balap yang ditujukan bagi kendaraan bermotor berperforma tinggi. Untuk mesin jenis performa tinggi diperlukan pelumas khusus yang mampu memenuhi kinerja mesin tersebut agar tidak cepat aus.

Penggantian pelumas secara berkala juga patut diperhatikan. Penggantian pelumas yang terlambat dapat beresiko fatal berupa kerusakan komponen mesin kendaraan bermotor karena pelumas sudah tidak optimal dalam bekerja. Apabila itu terjadi konsumen harus mengeluarkan biaya perbaikan mesin dengan biaya yang jauh lebih besar dibanding dengan servis rutin sambil mengganti pelumas.

Karena itu bagi konsumen yang ingin memperoleh informasi tentang pelumas yang sesuai kebutuhan, dapat mengikuti program Sobek Berhadiah Federal Oil 2021 (Sobber). Konsumen cukup membeli produk Federal Oil yang memiliki tanda promo. Selain membeli pelumas, konsumen juga dapat berkonsultasi untuk memilih pelumas sesuai kebutuhan kendaraan bermotor. Konsumen juga berpeluang memperoleh beragam hadiah menari dalam program tersebut. "Ini adalah solusi Federal Oil terhadap masyarakat Indonesia yang memasuki fase baru setelah periode pandemi yang diikuti ribuan konsumen, kata Hasril.

Artikel Asli