Pria Milenial Harus Paham 4 Hal Demi Kesehatan Reproduksinya

Nasional | republika | Published at Jumat, 26 November 2021 - 00:30
Pria Milenial Harus Paham 4 Hal Demi Kesehatan Reproduksinya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa hal yang perlu diingat oleh pria milenial dalam memastikan kesehatan reproduksinya. Gaya hidup modern yang penuh dengan stres membuat mereka memerlukan intervensi modern untuk memastikan kesehatan organ reproduksi maupun tubuh secara keseluruhan.

Kelak ketika menikah, kesehatan reproduksi pria juga berpengaruh pada keberhasilan rencana memiliki keturunan. Jadi, urusan kesehatan reproduksi bukan cuma domain perempuan.

Berbicara tentang kesehatan reproduksi pria, banyak stigma yang melekat hingga dapat menyebabkan kesalahpahaman. CEO dan salah satu pendiri Indira IVF di India, Kshitiz Murdia, mengingatkan beberapa hal yang berbahaya untuk kesuburan pria milenial, seperti juga yang dialami pendahulunya:

- Konsumsi zat seperti alkohol dan tembakau

- Gaya hidup kurang gerak

- Pola makan tidak sehat

- Penyakit menular seksual atau infeksi menular seksual.

- Kontak dengan bahan kimia dan racun berbahaya.

- Jauhi tingkat stres tinggi, tekanan emosional atau mental yang ekstrem.

- Hindari kecelakaan atau cedera fisik.

"Faktor penyebab ini tidak hanya dapat menghambat kesehatan reproduksi, tetapi juga dapat berdampak pada kesuburan seseorang," kata Murdia, dilansir Indian Express , Kamis (25/11).

Murdia menjelaskan, kondisi yang menyebabkan infertilitas pria secara luas meliputi infeksi, ketidakseimbangan hormon, obesitas, disfungsi ereksi, ejakulasi retrograde, dan paparan radiasi atau logam berat, bahan kimia, dan obat-obatan. Dia mencantumkan beberapa hal yang perlu diingat oleh pria milenial untuk memastikan kesehatan reproduksi yang baik.

1. Tantangan kesehatan reproduksi
Penting untuk mencari tahu tentang masalah reproduksi, seperti jumlah sperma yang rendah, testosteron rendah, impotensi, dan infeksi menular seksual. Hal-hal tersebut dapat menyebabkan komplikasi pada tahap kehidupan selanjutnya.

Murdia mengingatkan agar para pria milenial memiliki kesadaran tentang bahaya penyakit infeksi menular seksual dan infeksi organ reproduksi, seperti human immunodeficiency virus (HIV), sifilis, hepatitis B, klamidia, gonore, herpes, dan human papillomavirus (HPV). Dengan memiliki pemahaman tersebut, mereka dapat mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan atau mencari bantuan medis.

Artikel Asli