Andika Perkasa Datangi Menko Polhukam, Ini yang Dibahas

Nasional | limapagi.id | Published at Kamis, 25 November 2021 - 14:09
Andika Perkasa Datangi Menko Polhukam, Ini yang Dibahas

LIMAPAGI - Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, menyambangi kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) pada Kamis, 25 November 2021. Dia bertemu dengan Menko Polhukam, Mahfud MD, untuk membahas beberapa hal.

Topik yang dibahas keduanya adalah penanganan Papua dan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat.

Menurut Mahfud MD, dua hal itu menjadi perhatian Kemenko Polhukam dan Mabes TNI saat ini. Terkait Papua, dia menyebut ada pendekatan baru terkait penanganan Papua.

"Intinya, pendekatan Papua itu adalah pembangunan kesejahteraan yang komprehensif dan sinergis," ujar Mahfud MD, setelah pertemuan dengan Andika Perkasa.

Dalam pertemuan itu, Panglima TNI menjelaskan beberapa gagasan terkait pendekatan baru dalam penanganan Papua. Namun, dia akan memberikan penjelasan lebih detail saat kunjungannya ke Papua nanti.

"Saya menggunakan dasar hukum yang memang sudah dikeluarkan pemerintah," kata Andika.

Sedangkan terkait pelanggaran HAM berat, keduanya membahas pelanggaran yang melibatkan TNI. Satu di antaranya adakah kasus Paniai yang baru diumumkan pada Juli 2021.

Mahfud MD mengatakan, Panglima TNI akan berkoordinasi dengan Kemenko Polhukam terkait pelanggaran yang menyangkut TNI. Semuanya akan diselesaikan berdasarkan ketentuan Undang-Undang.

"Baik prosedurnya, maupun pembuktiannya nanti. Nanti akan dianalisis, akan kami selesaikan," tutur Mahfud.

Artikel Asli