Peringati Hari Guru, Siswa di Kudus Lukis Wajah Wali Kelas

Nasional | limapagi.id | Published at Kamis, 25 November 2021 - 14:38
Peringati Hari Guru, Siswa di Kudus Lukis Wajah Wali Kelas

LIMAPAGI - Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) di SMP 1 Kudus digelar dengan semarak. Salah satunya dengan kegiatan lomba melukis wajah wali kelas.

Bermodalkan sebuah foto, puluhan siswa menggoreskan pensil di kertas A5 hingga membentuk sketsa wajah wali kelasnya. Di sana, mereka berlomba-lomba menyuguhkan lukisan semirip mungkin dengan paras wali kelasnya.

Kepala SMP 1 Kudus, Ahadi Setiawan mengatakan HUT PGRI ke 76 dan peringatan HGN tahun ini digelar lebih semarak dibandingkan tahun sebelumnya. Meski begitu, protokol kesehatan tetap diterapkan dengan ketat dalam setiap kegiatannya.

"HGN tahun ini kita meriahkan dengan upacara dan sejumlah perlombaan. Perlombaannya beragam, ada lomba masak yang diikuti guru, perwakilan alumni dan orang tua siswa. Selain itu kita juga gelar lomba melukis wajah wali murid," jelas Wawan, Kamis, 25 November 2021.

Lebih lanjut, Wawan mengungkapkan lomba ini diikuti oleh 24 siswa. Peserta lomba merupakan perwakilan rombongan belajar dari kelas 7,8 dan 9.

Dari masing-masing kelas nantinya akan dipilih satu pemenang. Para pemenang nantinya akan mendapatkan hadiah menarik.

"Selain untuk menyemarakkan HGN, kegiatan ini digelar sebagai wadah untuk mengasah bakat siswa khususnya di bidang seni," ujarnya.

Melalui kegiatan ini para siswa juga dilatih untuk mengungkapkan rasa terima kasih dan mengabadikan jasa wali kelas yang berperan sebagai orang tua mereka di bangku pendidikan.

Terpisah, Riofachri Aryaputra, perwakilan kelas 7C mengaku senang bisa dipercaya teman-temannya mengikuti lomba ini. Bocah 12 tahun itu mengaku sudah lama menyukai dunia lukis wajah dan lomba ini dijadikannya sebagai wadah untuk mengasah kemampuan.

"Suka gambar wajah orang sudah lama. Kemarin ditunjuk teman-teman buat ikut, alhamdulillah bisa berkontribusi menyemarakkan peringatan HGN," ungkapnya.

Rio mengaku menggambar wajah wali kelasnya bukanlah hal yang mudah. Sebab sebagai siswa baru dirinya belum sepenuhnya memahami karakter wajah dari wali kelasnya.

"Tadi dikasih foto (wajah wali kelas) dari ketua kelas. Lumayan sulit, ya ini tantangan kami," pungkasnya.

Artikel Asli