Batal di Grahadi, Demo Buruh Pindah ke Balai Kota Surabaya

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 25 November 2021 - 14:26
Batal di Grahadi, Demo Buruh Pindah ke Balai Kota Surabaya

JawaPos.com Rencana buruh Jawa Timur lakukan demonstrasi di Gedung Negara Grahadi batal digelar. Awalnya, ribuan buruh dari seluruh kabupaten/kota di Jatim akan meluruk Grahadi pada Kamis (25/11). Namun, mereka mengubah titik aksi di kantor pemerintah daerah masing-masing.

Skenario berubah. Fokus demo di kabupaten/kota masing-masing, kata Wakil Sekretaris DPW Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Jawa Timur (FSPMI Jatim) Nuruddin Hidayat.

Dengan demikian, buruh yang bekerja di wilayah Kota Surabaya, bakal melakukan aksi demo di Balai Kota Surabaya, Jalan Wali Kota Mustajab. Termasuk massa buruh Surabaya sasarannya berubah ke balai kota, ujar Nuruddin Hidayat.

Massa buruh berkumpul di sekitar Kebun Binatang Surabaya (KBS). Mereka menunggu peserta aksi lain, kemudian berangkat secara bersama ke balai kota.

Kita nunggu rekan-rekan SP/SB (serikat pekerja/serikat buruh) lain di KBS, ucap Nuruddin Hidayat.

Nuruddin mengungkapkan, perubahan skenario aksi tersebut lantaran Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa telah memerintahkan kepala daerah mengikuti Peraturan Pemerintah (PP) 36. Bupati-bupati di ring 1 dipaksa agar merekomendasikan UMK (upah minimum kabupaten/kota) sesuai dengan PP 36 atau dengan kata lain tidak ada kenaikan untuk UMK 2022, ujar Nuruddin Hidayat.

Sedangkan untuk Surabaya rekomendasi UMK dari wali kota untuk Gubernur sesuai PP 36, yang hanya naik Rp 6.000, tambah Nuruddin.

Sebelumnya, buruh Jatim yang tergabung dalam Gerakan Serikat Pekerja (GASPER), telah menggelar rapat di Sidoarjo, Rabu (24/11), untuk merencanakan aksi di Gedung Negara Grahadi.

(Rapat) persiapan aksi besar serikat pekerja/serikat buruh Jatim, kata juru bicara gaungan serikat pekerja Jazuli.

Artikel Asli