Jateng Raih Penghargaan Provinsi Terbaik Layanan Investasi Nasional 2021

Nasional | gatra.com | Published at Kamis, 25 November 2021 - 14:21
Jateng Raih Penghargaan Provinsi Terbaik Layanan Investasi Nasional 2021

Semarang, Gatra.com Jawa Tengah (Jateng) meraih penghargaan sebagai provinsi terbaik nasional pelayanan investasi tahun 2021.

Penghargaan dari Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu setelah Jatenng mengungguli provinsi Jawa Barat yang menduduki peringkat kedua dan Sumatera Barat di peringkat ketiga.

Penyerahkan penghargaan diberikan secara langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo pada acara Rakornas Investasi 2021 di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Rabu (24/11).

Sejumlah kabupaten/kota di Jateng juga mendapatkan penghargaan pelayanan investasi terbaik dari BKPM, yakni Kota Semarang, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Sragen.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait di provinsi maupun kabupaten/kota sehingga bisa meraih prestasi terbaik pelayanan investasi 2021.

Ikhtiar kawan-kawan melakukan reformasi terhadap layanan dengan kemudahan-kemudahan telah membuahkan hasil. Meski begitu saya tetap ingatkan kita tidak boleh berpuas diri, katanya dalam rilis melalui Humas Pemprov Jateng.

Ganjar menyatakan, masih ada pekerjaan besar yang harus dilakukan setelah pelayan yang baik yakni mewujudkan realisasi investasi di Jateng, seperti pesan dari Presiden yakni agar meningkatkan realisasi.

Presiden pesan, jangan hanya yang besar-besar, tapi investasi kecil, UKM dan lainnya. Saya harap semua mempertahankan ini, ujarnya.
Ganjar menambahkan banyak hal dilakukan Jateng untuk memberikan pelayanan terbaik di sektor investasi yakni melalui online single submission (OSS), pemberantasan pungutan liar (pungli) hingga layanan prima di mall pelayanan publik.

Selain itu konsep after sale service juga dilakukan di Jateng, jika di tengah jalan terjadi masalah pemerintah provinsi akan membantu.

Saya minta kawan-kawan proaktif mengundang investor, membantu mereka dan memastikan tidak ada pungli. Kami juga menjadi guide pada calon investor tidak hanya pada perizinan, tapi sampai akhir mereka melakukan usaha, kata Ganjar.

Sementara, Presiden Jokowi dalam sambutannya menyatakan, merasa senang dengan komitmen kementerian lembaga dan kepala daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota terkait pelayanan pada investasi.

Jokowi menambahkan urusan pelayanan, perijinan dan lainnya memang harus dilakukan untuk menggaet minat investor datang ke Indonesia.

Investasi menjadi salah satu kunci percepatan pertumbuhan ekonomi, karena bisa memberikan dampak besar dalam berbagai sektor kehidupan lainnya, daya beli masyarakat naik, konsumsi naik dan pertumbuhan ekonomi juga naik.

Pola lama yang jadul harus ditinggalkan karena tidak mendukung investor. Berikan layanan terbaik pada semua investor, baik yang kecil, sedang maupun besar. Semua harus dilayani dengan baik, kata Jokowi.

Artikel Asli