Kunjungan Perdana KSAD Jenderal Dudung ke Papua: Jangan Anggap Kelompok Separatis sebagai Musuh

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Kamis, 25 November 2021 - 13:38
Kunjungan Perdana KSAD Jenderal Dudung ke Papua: Jangan Anggap Kelompok Separatis sebagai Musuh

PAPUA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman berpesan agar Satgas TNI AD yang bertugas di Papua jangan menganggap Kelompok Separatis Teroris (KST) sebagai musuh, namun menganggap mereka sebagai rakyat yang perlu dirangkul dengan hati yang suci dan tulus, serta diberi pemahaman tentang NKRI. Ajak mereka untuk bersama-sama bergabung membangun Papua, karena mereka adalah saudara se-tanah air.

Demikian diungakpan oleh KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Ny. Rahma Dudung Abdurachman melakukan rangkaian kunjungan kerja di wilayah Indonesia bagian timur, Selasa (23/11/).

KSAD menegaskan, bahwa tolak ukur keberhasilan tugas seorang prajurit TNI AD Di Papua, mana kala mereka disayangi, dicintai, dibanggakan dan dikagumi oleh rakyat Papua. "Oleh karena itu, dalam bertugas untuk selalu mencintai rakyat Papua, sehingga pada akhirnya rakyat Papua akan mencintai TNI," ucapnya dikutip dari rilis Dispenad, TNI AD, Kamis (25/11).

Di samping itu, KSAD juga berpesan kepada para perwira agar menjadi orang terdepan dalam mengambil keputusan sehingga keputusan yang diambil akan bijak dan tidak semaunya sendiri. Para Perwira harus mencintai anak buah dan jangan biasakan menyalahkan orang lain serta laksanakan tugas secara optimal. Para perwira dalam bertugas agar memiliki imajinasi, inovasi, visi dan misi, harapan serta cita-cita.

Kunjungan kerja KSAD ke Papua untuk pertama kali ini diawali dengan mengunjungi satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih untuk bertatap muka dan memberikan pengarahan secara langsung dengan prajurit TNI AD beserta istri.

Dimulai dari Prajurit Yonif R 754/ENK Kostrad dan Satgas yang ada di Kabupaten Mimika. Kemudian dilanjutkan secara terpusat di Makodam XVII/ Cenderawasih di Jayapura, serta memberikan pengarahan kepada Satgas Yonif 711/RKS dan Yonif 126/KCS di Rindam XVII/Cenderawasih.

Dalam pengarahannya, KSAD menekankan agar prajurit TNI AD selalu hadir di tengah masyarakat dan senantiasa menjadi solusi terhadap kesulitan rakyat sehingga menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan rakyat terhadap TNI AD.

"Pedomani Tujuh Perintah Harian KSAD, didalamnya yaitu implementasi tentang Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan 8 Wajib TNI," tegas KSAD.

Usai kunjungan kerjanya di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih, KSAD beserta rombongan langsung bertolak ke Papua Barat, dan kehadirannya di wilayah Kodam XVIII/Kasuari itu disambut langsung oleh Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa beserta Forkopimda Papua Barat diiringi tari-tarian khas Papua Barat sebagai prosesi penyambutan adat.

Direncanakan, pada Kamis, (25/11/2021) KSAD dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana akan mendatangi Markas Kodam XVIII/Kasuari untuk bertemu dengan para Prajurit dan memberikan pengarahan kepada Komandan Satuan dan Persit jajaran Kodam XVIII/Kasuari.

Setelah dari Papua Barat, KSAD beserta rombongan akan bertolak ke Kodam XIV/Hasanuddin untuk bertatap muka dengan prajurit TNI AD dan istri di Makassar Sulawesi Selatan.

Artikel Asli