Hujan Deras, BPBD Sebut Muncul 11 Titik Genangan di Sidoarjo

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 25 November 2021 - 13:40
Hujan Deras, BPBD Sebut Muncul 11 Titik Genangan di Sidoarjo

JawaPos.com- Tidak memang mudah mengurai problem banjir. Demikian juga di Kota Delta Sidoarjo. Hujan Selasa (23/11) sore hingga malam lalu memunculkan banyak genangan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo mengidentifikasi genangan muncul di 11 titik.

Sebagian genangan tersebut tak hilang hingga kemarin (24/11) siang. Misalnya, di Perumahan Kepuh Permai, Kecamatan Waru. Tinggi genangan air mencapai 30 sentimeter. Juga di Perumahan Griyo Mapan Sentosa, Waru. Genangan air di jalan mencapai 20 sentimeter, termasuk di Wisma Tropodo. Air baru surut saat sore.

Sudah langsung disedot, sekarang kering, pompa airnya tetap kami siagakan di sana, kata Kepala Bidang Irigasi dan Pematusan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PUBMSDA) Pemkab Sidoarjo Rizal Asnan.

Dia menyebutkan, genangan tersebut ada karena curah hujan yang sangat tinggi. Curah hujannya sampai 120 mm. Selain itu, hujan berlangsung sekitar empat jam, ujarnya.

Upaya yang dilakukan pihaknya adalah penyedotan agar genangan tak mengganggu aktivitas warga. Termasuk di bawah tol di depan Lippo Plaza Sidoarjo, yang Selasa malam lalu sempat membuat motor dan mobil mogok. Selama ini, akses di kawasan tersebut memang kerap terjadi genangan.

Selain dengan penyedotan, upaya lain untuk meminimalkan munculnya genangan adalah melakukan normalisasi sungai agar aliran air lancar. Tahun ini ada 30 normalisasi sungai yang dilakukan. Sudah selesai semuanya, kata Rizal.

Beberapa saluran yang dinormalisasi antara lain Porong Kanal di Kecamatan Tarik, afvoer Ngingas di Desa Balongtani, Kecamatan Jabon, dan saluran Purboyo, Desa Jedongcangkring, Kecamatan Prambon.

Artikel Asli