Kawal Demo Buruh di 2 Titik Jakarta, 2.645 Personel Gabungan Dikerahkan

Nasional | limapagi.id | Published at Kamis, 25 November 2021 - 13:06
Kawal Demo Buruh di 2 Titik Jakarta, 2.645 Personel Gabungan Dikerahkan

LIMAPAGI - Aparat gabungan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dikerahkan untuk mengawal aksi unjuk rasa ribuan buruh di dua titik Jakarta, Kamis, 25 November 2021.

Sebelum turun ke lapangan, 2.645 personel gabungan tersebut melaksanakan apel pasukan pengamanan yang dipimpin oleh oleh Kepala Kepolisian Sektor (Kapolres) Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Hengki Haryadi.

"Kapolres tadi memberikan arahan agar pelaksanaan pengamanan tetap dilakukan secara humanis," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Polres Metro Jakarta Pusat Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sam Suharto seperti dikutip dari Antara , Kamis, 25 November 2021.

Sementara itu, untuk pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan secara situasional. Sejumlah ruas jalan yang rencananya akan ditutup arah ke Bundaran Patung Kuda, yakni Jalan Veteran, Jalan Merdeka Barat, dan Jalan Merdeka Utara.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Metro Jakarta Pusat Komisaris Polisi (Kompol) Purwanta menjelaskan penutupan jalan akan dilakukan lebih awal.

Kalau memungkinkan akan ditutup lebih awal. Yang pertama adalah Patung Kuda mengarah utara ditutup, Harmoni arah selatan ditutup," kata Purwanta.

Aksi unjuk rasa buruh akan berlangsung di dua lokasi, yakni anggota Pemuda Pancasila di kawasan Gedung DPR/MPR Jalan Gatot Subroto dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) di Kawasan Gedung Balaikota DKI Jakarta Jalan Merdeka Selatan.

Aksi unjuk rasa para buruh tersebut dilakukan untuk menanggapi keputusan pemerintah terkait upah minimum terbaru yang dinilai sangat kecil.

Artikel Asli