Bersiap Pengetatan Mobilitas di Akses Surabaya-Madura

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 25 November 2021 - 13:13
Bersiap Pengetatan Mobilitas di Akses Surabaya-Madura

JawaPos.com Potensi curi start untuk berlibur pada momen liburan Natal dan tahun baru 2022 (Nataru) menghadapi pengetatan pemerintah, diprediksi terjadi. Karena itu, polisi pun tidak ingin kecolongan. Petugas akan berupaya membatasi mobilisasi masyarakat itu sejak awal.

Selain mendirikan pos keamanan, aparat di Kota Siranaua juga membangun pos pantau. Di antaranya, di sekitar Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu).

Kabagops Polres Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Eko Nur Wahyudiono menjelaskan, penerapan PPKM level 3 selama masa Nataru memang belum dilakukan. Namun, polisi mulai menyusun strategi untuk membatasi mobilitas masyarakat. Eko menegaskan, pihaknya akan mendirikan tiga pos keamanan dan dua pos pantau.

Lokasinya berbeda-beda. Pos keamanan dibangun di Jalan Bunguran, Tanjung Sadari, dan Kenpark. Sementara itu, pos pantau berada di exit toll Dupak dan Jembatan Suramadu.Terkait Suramadu, akan ada banyak personel yang berjaga. Kami dibantu TNI dan Satpol PP Kota Surabaya, kata Eko.

Dia menjelaskan, berbagai upaya dilakukan untuk melakukan skrining. Termasuk melakukan pengawasan selama 24 jam. Ada rencana setiap pengendara yang masuk ke Surabaya diberhentikan dan dicek kelengkapannya. Bukan hanya masker. Petugas juga memeriksa apakah pengendara sudah vaksin atau belum. Yang belum vaksin akan diperintahkan putar balik, kata Eko.

Dia menjelaskan, pemeriksaan juga dilakukan pada angkutan umum. Akan ada teguran untuk sopir yang mengangkut penumpang tak sesuai aturan.

Artikel Asli