Sempat Geram Sejadi-jadinya, Camkan Baik-Baik Ucapan Bang Yos: Keluarga TNI Harus Santun!

Nasional | wartaekonomi | Published at Kamis, 25 November 2021 - 12:30
Sempat Geram Sejadi-jadinya, Camkan Baik-Baik Ucapan Bang Yos: Keluarga TNI Harus Santun!

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Letjen (Purn) Sutiyoso, tampak geram dengan aksi wanita yang mengaku sebagai anak jenderal yang cekcok dengan ibunda anggota Komisi III DPR, Arteria Dahlan di bandara Soekarno-Hatta.

Bang Yos pun menegaskan bahwa kedudukan dari keluarga TNI hanyalah warga sipil biasa dan seharusnya tidak adapelakuan istimewa.

Saya sudah mendengar ceritanya, saya lihat rekamannya, tapi saya tidak tahu cewek itu siapa. Bersikap seperti itu terhadap orang tua, jadi yang saya jelaskan kepada masyarkat khususnya keluarga TNI, bahwa status keluarga TNI itu cuma masyarkat sipil biasa, jadi status sosial, status hukum, sampai hak politiknya itu sama seperti masyarakat, katanya, dalam acara Kabar Petang, seperti dikutip, Rabu (24/11/2021).

Jadi tak ada perlakuan istimewa, justru di sisi lain keluarga TNI itu, dari pangkat terendah sampai tinggi harus merasa ada beban moral. Keluarga yang saya maksud apakah dia istri ataupun anak ya, jadi beban moralnya dia harus merasa menjaga perilakunya di tengah masyarakat, harus santun, rendah hati dan jadi teladan, sambungnya.

Lanjutnya, ia juga menegaskan bahwa dirinya sangat kecewa melihat sikap keluarga dari TNI yang semena-mena.

Karenanya, ia mengimbau agar yang bersangkutan segera ditindak dan kalau perlu wanita yang membuat onar itu meminta maaf kepada orang tua politisi PDIP Arteria Dahlan.

Saya sebagai senior, melihat ada keluarga TNI seperti ini sangat kecewa dan ini harus ditindak. Yang bertanggungjawab juga prajurit yang bersangkutan, paling tidak harus ditegur oleh atasannya, karena itu tanggungjawab dia membina keluarganya, tuturnya.

Ini memalukan, ini yang anak muda ngamuk di rekaman harus minta maaf sama ibunya Arteria, kalau perlu sungkem dia!, imbuhnya.

Adapun diketahui, wanita tersebut diketahui bernama Anggita Pasaribu atau Rindu.

Terkini, Anggiat Pasaribu atau Rindu akhirnya angkat bicara soal percekcokan dirinya dengan ibunda Arteria Dahlan.

Ia mengaku khilaf atas aksinya tersebut.

"Saya sudah khilaf dan banyak berita tidak benar juga terkait saya dan keluarga," katanya dilansir detikcom, Rabu (24/11/2021).

Anggiat meminta maaf atas persoalan yang terjadi. Dia mengatakan saat ini juga dalam kondisi sakit.

"Saya juga tidak sehat, Mas, saya masih sakit dan dalam keadaan sedang sakit. Saya hanya ingin selesai semua," ucapnya.

"Terkait tekanan dari semua pihak saya tidak mau bicara banyak saya takut salah bicara. Saya tidak mau bicara ke mana pun karena saya tidak mau membuat permasalahan baru. Cukup saya sadar saya khilaf dari hati saya.

Anggiat Pasaribu juga meminta maaf secara tulus kepada keluarga besarnya, khususnya kepada suaminya, Lettu Bayu, dan abang sepupunya, Brigjen TNI Zamroni, karena turut terbawa-bawa dalam persoalan ini.

"Saya mohon maaf kepada abang saya, suami saya, dan semua rekan-rekan yang jadi turut terbawa-bawa dalam hal ini. Saya berterima banyak, alhamdulillah dapat pelajaran dan harus mawas diri ke depan," ucapnya.

"Untuk keluarga besar bapak Arteria Dahlan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya," sambungnya.

Artikel Asli