Tahun Ini Saatnya Terapkan Buy The Service di Trayek Suroboyo Bus

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 25 November 2021 - 12:48
Tahun Ini Saatnya Terapkan Buy The Service di Trayek Suroboyo Bus

JawaPos.com Sistem transportasi umum perlahan terus diperbaiki. Tahun ini giliran Surabaya yang menerapkan sistem buy the service (BTS) untuk rute Suroboyo Bus. Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Suharto menyatakan bahwa sistem itu menjamin naik transportasi umum senyaman kendaraan pribadi. Seperti apa?

Mengapa transportasi publik masih menjadi kebutuhan yang urgen pada era ini?

Kondisi pergerakan kendaraan di kota-kota besar saat ini sangat tidak efisien. Banyak kendaraan yang okupansinya kecil. Padahal, kapasitasnya besar.

Di sisi lain, pertumbuhan kendaraan itu terus terjadi setiap tahun. Rata-rata 13 persen per tahun. Dan, ini tidak sebanding dengan pertumbuhan jalan yang hanya 0,1 persen. Hal tersebut menciptakan kondisi yang sangat tidak nyaman.

Lalu, apa yang hendak dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengurai permasalahan itu?

Mari beralih ke transportasi umum. Kami hadirkan transportasi yang aman dan nyaman. Senyaman kendaraan pribadi. Ada 10 kota yang kami rintis untuk mewujudkan hal ini. Melalui sistem buy the service (BTS).

Tahun ini Surabaya melengkapi 10 kota metropolitan yang menerapkan sistem tersebut.

Bagaimana BTS bisa memberikan kenyamanan saat warga melakukan perjalanan dengan menaiki transportasi umum?

BTS memberikan kepastian titik berhenti dan menaikkan penumpang. Karena itu, sebagai pelengkap, dibangunlah halte bus. Saat ini juga disiapkan rute khusus di rute yang memungkinkan.

Ini merupakan konsep pelayanan umum harapan kita bersama. Kami pastikan headway juga tepat. Load factor sesuai. Memastikan pengemudi akan melakukan perjalanannya sesuai dengan ketentuan. Standar kendaraan sudah kami lakukan sesuai dengan keinginan penumpang. Aspek keselamatan dan kenyamanan juga terjamin.

Bagaimana penerapan BTS di Surabaya?

Ada Suroboyo Bus yang sudah berjalan. Rencananya, ada enam koridor atau rute yang menerapkan BTS. Tahun ini baru satu rute yang diterapkan. Yakni, di rute Raya Lidah WetanKarang MenjanganITS (PP). Tahun berikutnya ditambah lima rute lagi.

Kami memberikan kepastian dengan sistem informasi. Penumpang bisa memantau jadwal bus lewat. Mulai bus sudah beroperasi atau belum hingga posisinya. Kita bisa download aplikasi Teman Bus dan mendapatkan informasi yang diharapkan.

Untuk pembayaran, sudah tidak zamannya cash money. Semua akan cashless. Menggunakan tap kartu. Saat awal, BTS bakal menerapkan nol rupiah. Berikutnya ditetapkan tarif dengan batas wajar yang bisa dijangkau masyarakat.

Artikel Asli