Pria Juga Harus Dimengerti

Nasional | jatimtimes.com | Published at Kamis, 25 November 2021 - 12:21
Pria Juga Harus Dimengerti

JATIMTIMES - Claudia Sabrina merupakan penulis wanita yang sangat mahir dalam genre buku self improvement . Penggunaan kata-kata yang berkaitan tentang cara perbaikan diri atau peningkatan seperti kata Seni sering dia gunakan dalam pembuatan sebuah judul buku sehingga para pembaca secara langsung akan tertarik walaupun hanya melihat sampulnya saja. Bukan Claudia saja, tetapi kata Seni sudah menjadi kata yang merajalela bagi beberapa penulis terutama yang berfokus di buku yang berhubungan dengan cara berkehidupan yang benar. Salah satu bukuClaudia yang menggunakan kata Seni yaitu buku Seni Memahami Pria. Sudah terlihat dari judulnya bahwa sasaran pembaca yang ingin dirangkul yaitu para pemuda millenial.

BukuSeni Memahami Priaditerbikan dengan maksud agar wanita memahami pria, untukmemahmi priaitu sendiribukanmerupakanhal yang mudah.Pada buku ini penulis mengupastuntasberbagaimacamhalmengenaipria mulai sepertibagaimana karakterpria pada umumnya, kepribadian pria,suaturahasia dalam diri priasampai tentangbagaimanacaraagar dapatmenaklukkan pria yangsemua hal tersebutdirangkummenjadi empat belas bagian dan tersusun secara sistematis sehingga para pembaca tidak akan merasa bingung ketika membacanya.

Pada bagian pertama buku, penulis telah melakukan berbagai risettentangwanitadimanalebihmengutamakan sifatdari para pria dibandingkan wajah tampannyauntuk membangunsuatuhubunganseriusjangka panjangdandidapatkanhasil bahwa wanitarelatifmudah taklukpada pria yangsenantiasasetia, bertanggung jawab tinggi, baik hati, jujur,sertamemiliki sifatkebapakan.Seorang ahli bernamaDr. Satoshi Kanazawamenerangkan bahwa pria yang mempunyai IQ ( Intelligence Quotient )yangrendahyaitutipepria yangbukan tipe setia,mudah selingkuh,serta bukan idamanwanita.Menurutriset,dapat diambil kesimpulanbahwapria yang berpikiran dewasa akanmemegangteguhprinsip bahwabagaimanapun keputusannya, benar ataupun salah, didukung ataupun tidak didukung,diaakan bertanggung jawabpenuh pada keputusanyang ia ambil sehingga dikatakan pria yang dewasa memiliki kepribadian yang unggul.

Pada bagian keduabuku,penulismenunjukkan bahwa pria memiliki pemahaman tersendirimengenai dirinyaserta maskulinitas.Dia menemukankarakter kejantanannya dalamberbagai hal sepreti padakemandirian, kebebasan, danjugakepemimpinan.Diamementingkan kekuatan, kemampuan,kebermanfaatan, danpencapaian.Dia akansenantiasamenghindarmenggunakan cara apapun dariberbagaiperlakuan yangdirasatidak menghargaibeberapasifat tersebut.Saya sebagai pembaca merasa pada bagian kedua sangat menarik karena mengulas berbagai karakter pria, bahkan beberapa dapat dikatakan unik dimana tentunya didasarkan dari berbagai riset.

Seorang ahli bidang keluarga bernamaDr. James Dobsondalam buku ini menjelaskan bahwa ada buktiyang sangatkuatdimanamenunjukkan susunanserta kedudukan emosional di dalampikiran priasangat berbeda denganseorangwanita.Oleh karena itu membuatpria danjugawanitamemiliki perbedaan dari segi emosional maupun fisiknya sehingga terdapat beberapa perbedaan yang berpotensi menjadi sebuah kesalahpahaman ketika tidak menyadari perbedaan tersebut.

Dalam buku ini juga mengulas secara rinci mengenaipenelitian yang menjelaskan perbedaanantarapria dan wanita. Namun dalam hal ini lebih fokus pada priadimanamempunyai beberapa halseperti berikut:

  1. Pola pikirpria tidakmudahraguketika menentukan pilihan dan memegang erat prinsip.
  2. Mempunyai sifat tegasserta bertanggung jawab.
  3. Senang bergaulsehingga mempunyai banyak teman.
  4. Dapat mengutarakan keinginan tanpamenggunakanamarah ataupun emosi.

Padaumumnya, priamaupun wanita mempunyai cara berpikirberbeda.Priaakanbertindak denganpertimbanganrasio, sementara wanita lebihmementingkanperasaanya. Anggapanmengenai wanita selalu benarsedangkan pria selalu salahtersebuttidakakanselamanya benar dalam bahasan buku ini.Ketuka suatu saat, dua orang yangkasmaran atau sejenisnya memangakanterlihat rumit, namun tidakbagi penulis.Penulis beranggapanCara priadalammencintai seseorang jugaakanberbeda dengan cara dilakukan olehseorangwanita.Tegasnya pria itu tidak akan serumit wanita.Sehingga menjadikan pria tidak suka dicecaroleh lawan jenisnyadengan pertanyaanyangtergesa-gesa mengenai komitmen dalamsuatuhubungan percintaan mereka.

Berdasarkandaribeberapa cuplikan yangtelahsaya tulistersebutmenunjukkan bahwabuku ini mempunyai beberapa kelebihan dantujuan serta maksud yang bagus bagi parakaumwanita yang inginmemahami karakter seorang pria sebenarnya. Dalam buku ini,segala halsudah dikupasrincidengan berbagai sumber riset sehinggamenjadikanbuku inibersifatvalidserta ditambahdengantidak hanya mengetahui karaktersesosokpriaakantetapijuga mengajarkan wanita tentangbagaimana cara memahami pria dengan baik.Kemudian, bahasayang digunakan dalam buku mudah dipahamipenulis mengutarakan tentang beberapa poinpentingyangdituju.Salah satu hal menarikbagi saya yaituterdapatknya Quotes on Men atauterdapat sekumpulan quotes beberapa orang.Buku sepertiini cocokbagi semua kalanganmuda terutamabagi wanita yang inginlebihmemahami seorang lelaki.Selain isinya,buku ini menggunakan softcover yangmenarikdan warnamerah serta krem darihalaman buku inimenjadikan pembaca tidak merasa monoton secara visual ketika membacanya.

Namun, dari beberapakelebihan buku tersebutsangatlah disayangkankarenamemilikibeberapakekurangan. Meskipun terlihat wajar, tetapi berkesan menjadikan pembaca merasa sedikit bosan walaupun isinya menarik. Kekuranganya yaitu tidak disajikanya gambarserta terlalu banyakkosa kata ataupunkalimat yangdiulang-ulang serta masih ada penulisan kata yang salah.

Artikel Asli