Mau Wujudkan Impian Kuliah di Jepang? Begini Tipsnya Ala Lister

Nasional | wartaekonomi | Published at Kamis, 25 November 2021 - 12:15
Mau Wujudkan Impian Kuliah di Jepang? Begini Tipsnya Ala Lister

Duta Besar Indonesia, Heri Akhmadi mendorong peningkatan jumlah pelajar Indonesia di Jepang yang disampaikan kepada Ketua Persatuan Pelajar Indonesia Pusat Jepang (PPIJ) pada periode 2020-2021 Yudi Ariesta Chandra dan pengurus PPIJ yang lain.

Kualitas pendidikan di Jepang sangat bagus dan setara dengan negara maju lain seperti Amerika Serikat, Inggris atau Australia. Namun biaya pendidikan di negeri Jepang jauh lebih murah. Kalau fakta ini disuarakan terus oleh PPI Jepang, niscaya ke depan Jepang akan menjadi magnet untuk melanjutkan pendidikan dan jumlah pelajar Indonesia akan jauh meningkat," demikian ditekankan Duta Besar Heri Akhmadi, seperti yang dikutip dari kemlu.go.id , Kamis (25/11/2021).

Negara Jepang unggul dalam bidang pendidikan vokasi dan pembangunan kapasitas SDM. Sistem pendidikan dan pengetahuan di Jepang sangat berkualitas. Ilmu pengetahuan, teknologi, budaya Jepang yang maju, dan biaya kuliah Jepang lebih terjangkau dibandingkan USA, Australia, atau UK.

Lingkungan Jepang yang aman dan nyaman, makanan yang enak, serta karakter orang Jepang yang sangat santun menjadi daya tarik tersendiri. Namun, belajar di luar negeri bisa menyenangkan sekaligus menegangkan. Ada banyak hal yang harus dilakukan dan diperhatikan agar nantinya tidak melewatkan beberapa hal penting untuk disiapkan.

Agar rencana berkuliah ke Jepang dapat berjalan dengan lancar berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu menjadikan pengalaman belajar di Jepang jauh lebih memuaskan dan berharga.

Siapkan Mental Terbaik

Persiapkan mental karena realita tak seindah ekspektasi. Hidup di luar negeri artinya rela meninggalkan segala kenyamanan yang didapatkan di Indonesia. Jauh dari segala fasilitas yang ada dan berbaur dengan lingkungan dan budaya yang baru.

Mampu Berbahasa Jepang

Lolos Uji Kompetensi Bahasa Jepang (JLPT)

Sertifikat JLPT dibutuhkan umumnya dibutuhkan untuk studi atau bekerja di lembaga dan perusahaan Jepang pada umumnya. JLPT atau Uji Kompetensi Bahasa Jepang digunakan untuk mengukur kelancaran berbahasa Jepang, dalam bahasa Jepang disebut 'nihongo nouryoku shiken'.

Ada 5 tingkatan dalam ujian JLPT yaitu dari level N5 yang paling mudah hingga level N1 yang paling sulit. Namun, tidak ada keharusan mengikuti uji JLPT dari level terbawah karena dapat disesuaikan dengan kemampuan bahasa Jepang masing-masing individu. Meskipun belum pernah mengikuti tes level 5 namun diperbolehkan langsung mengikuti tes level N3.

Sertifikat ini dapat digunakan untuk mendaftar beasiswa studi di Jepang seperti MEXT.

Siapkan CV dan Ijazah Kelulusan

Siapkan resume terbaik yang menggambarkan diri sebagai siswa yang baik dan kegiatan lain yang diikuti dan menunjang profil diri. Selain itu, Ijazah kelulusan yang harus dilegalisir dan diterjemahkan.

Manfaatkan waktu di Jepang: Kuliah, Wisata, dan Ikuti Kelas Seni

Budaya Jepang memiliki banyak segi dan mendalam, dan tidak ada waktu yang lebih baik untuk mempelajarinya selain saat berada di Jepang. Aktif mencari pengetahuan melalui internet seperti, belajar tentang sejarah Jepang untuk mendapatkan apresiasi yang lebih besar dari banyak kastil dan kuil yang akan dikunjungi, atau membaca tentang adegan manga Jepang untuk memahami mengapa sesuatu hal terjadi.

Lister Sebagai Startup Pendidikan Bahasa Asing

Lister, startup pendidikan bahasa asing ini didirikan oleh PT Lister Teknologi Edukasi yang menawarkan pembelajaran bahasa asing dengan konsep 'One Stop Language Learning Solution.'

Selain Bahasa Inggris, terdapat bahasa asing lain seperti Bahasa Spanyol, Bahasa Prancis, Bahasa Arab, Bahasa Italia, Bahasa Korea, Bahasa Jerman, Bahasa Mandarin, Bahasa Portugis, Bahasa Belanda, Bahasa Rusia, Bahasa Thailand, Bahasa Turki, dan Bahasa Jepang.

Ada berbagai keunggulan yang ditawarkan Lister seperti jadwal kelas fleksibel dan daring, kelas dapat di reschedule, tutor berkualitas tinggi, banyak paket pilihan grup dan privat, materi pembelajaran dapat disesuaikan dengan level kebutuhan siswa.

Metode pembelajaran yang digunakan efektif dan efisien untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan literasi siswa dipadukan dengan kegiatan praktik dan berlatih. Selain itu, Lister juga menawarkan garansi skor untuk beberapa program seperti IELTS dan TOEFL.

Artikel Asli