Alami Kebocoran, Kapal Kargo Tenggelam di Kepulauan Seribu

Nasional | okezone | Published at Kamis, 25 November 2021 - 12:06
Alami Kebocoran, Kapal Kargo Tenggelam di Kepulauan Seribu

JAKARTA - Kapal Kargo Sumber Cahaya kandas dan tenggelam di perairan Kepulauan Seribu, pada Rabu, 24 November 2021, kemarin. Kapal tersebut mengangkut 15 penumpang.

Kasubbag Humas Basarnas, Yusuf Latif mengatakan, kapal tersebut tenggelam setelah mengalami kebocoran serta cuaca ekstrem di perairan Laut Jawa. Informasi awal adanya kapal yang tenggelam di perairan Kepulauan Seribu dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten.

Setelah dikonfirmasi, terdapat sinyal negatif (distress) yang dipancarkan dari Kapal Sumber Cahaya. "Sinyal yang dipancarkan dari Kapal Sumber Cahaya mengalami kandas dan tenggelam di sekitar perairan Kepulauan Seribu," kata Yusuf Latif melalui keterangan resminya, Kamis (25/11/2021).

"Kapal Sumber Cahaya dengan berjenis Cargo berukuran 40 M dengan POB (person on board) 15 orang ini kandas dan tenggelam akibat kebocoran kapal serta cuaca ekstrem yang melanda wilayah Laut Jawa," imbuhnya.

Penumpang Kapal Sumber Cahaya tersebut berhasil diselamatkan oleh Kapal NMS Accelerate dan dibawa tempat pengeboran minyak. Kantor SAR Banten yang mendapat informasi tersebut langsung menuju lokasi untuk melakukan evakuasi terhadap para penumpang.

"Kantor SAR Banten memberangkatkan 1 Unit KN SAR Tetuka untuk melaksanakan evakuasi pada crew Kapal Sumber Cahaya dengan 15 orang penumpang," terangnya.

Sebanyak 15 penumpang berhasil diselamatkan dari tragedi tenggelamnya Kapal Kargo Sumber Cahaya. "Iya semua penumpangnya selamat," pungkasnya.

Artikel Asli