Akselerasi Pembangunan Pariwisata, Sandiaga Terapkan Inovasi, Adaptasi, Dan Kolaborasi

Nasional | rm.id | Published at Kamis, 25 November 2021 - 11:51
Akselerasi Pembangunan Pariwisata, Sandiaga Terapkan Inovasi, Adaptasi, Dan Kolaborasi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak masyarakat menerapkan tiga strategi utama agar mampu bangkit dari pandemi Covid-19. Ketiga strategi itu adalah inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

Selain mampu bertahan di saat pandemi Covid-19 ini, masyarakat harus mulai memformulasikan arah kebijakan program dan strategi pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) ke depan.

"Dua tahun terakhir ini pandemi Covid-19 menyebabkan target capaian kinerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) kita terganggu. Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara mengalami kontraksi atau penurunan," ujar Sandi, dal acara Economic Outlook 2022 bertema "Akselerasi Pembangunan Pariwisata 2022", Selasa (23/11), dikutip Kamis (25/11).

Hal ini berdampak pada menurunnya jumlah okupansi hotel dan penurunan devisa. Beberapa pelaku industri dan pengusaha parekraf juga mengalami penurunan pemasukan, menutup saham, dan tak sedikit pekerja parekraf yang dirumahkan serta kehilangan pekerjaan.

Namun di saat yang bersamaan, lanjut Sandi, kita harus menumbuhkan optimisme dan harapan. Sebab, 34 juta masyarakat Indonesia menggantungkan hidupnya pada sektor ini.

"Percayalah badai pasti berlalu. Kemenparekraf juga telah hadir dengan aktif menerapkan program yang berkeadilan dan tentunya tepat waktu, sasaran dan tujuan. Mulai di fase tanggap darurat di awal terjadinya pandemi sampai ke fase pemulihan saat ini," ungkapnya.

Ditegaskannya, Kemenparekraf terus aktif memperlancar program dalam penanganan kesehatan, memberikan perlindungan sosial, intensif ke dunia usaha, memfasilitasi peningkatan SDM parekraf, dan tetap gencar mendukung program vaksinasi di wilayah destinasi wisata.

"Berkat kolaborasi semua pihak kita berhasil atasi pandemi Covid-19 dengan baik. Kita dapat kabar baik menurun kasus Covid-19 dan adanya relaksasi untuk destinasi wisata dan mulai ramai dikunjungi para wisatawan, termasuk sport tourism seperti World Superbike (WSBK) di Mandalika, NTB. Semoga pariwisata kita terus meningkat dan membaik," harap Sandi.

Ia pun mengajak masyarakat Indonesia, khususnya pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, untuk bangkit semua dari keterpurukan atau dari masa sulit, agar bisa menang melawan Covid-19. [OKT]

Artikel Asli