Anggaran TGUPP Anies 2022 Disepakati Jadi Rp12,5 Miliar

Nasional | limapagi.id | Published at Kamis, 25 November 2021 - 10:35
Anggaran TGUPP Anies 2022 Disepakati Jadi Rp12,5 Miliar

LIMAPAGI - Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI telah menyepakati anggaran untuk Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Nominal yang disepakati yakni Rp12,5 miliar.

"Saya ambil jalan tengah, saya putuskan di sini, di dalam Banggar kali ini dari Rp 15,2 miliar, untuk 10 bulan saya jadikan Rp 12,5 miliar, ujar Ketua Banggar DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi dalam rapat, Rabu 24 November 2021.

Diketahui jumlah yang disepakati lebih kecil dibanding nominal yang dianggarkan oleh Pemprov DKI dalam RAPBD tahun 2022. Sebelumnya anggaran untuk TGUPP yang diajukan Pemprov sebesar Rp12,8 miliar.

Anggota Banggar kemudian meminta jumlah itu untuk dipangkas. Sebab, masa jabatan anggota TGUPP hanya tinggal 10 bulan lagi.

Menurut Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, dana untuk TGUPP yang diajukan Pemprov DKI itu tidak efektif.

Ini bukan perangkat daerah tapi perannya luar biasa, maka saya tidak rela alokasi anggaran kita gelontorkan untuk TGUPP, kata Gembong.

Untuk diketahui, dasar hukum pemberian anggaran untuk TGUPP terdapat dalam Peraturan Gubernur No187 Tahun 2017 mengenai Tim Gubernur Untuk Percepatan pembangunan.

Di Pasal 40 tertulis anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan tugas dan kewenangan TGUPP dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Biro Administrasi Sekretariat Daerah.

Artikel Asli