Dagang di Olshop 2 Tahun, Pemilik Toko Online Kaget Ditagih Pajak Rp35 Juta

Nasional | limapagi.id | Published at Kamis, 25 November 2021 - 11:01
Dagang di Olshop 2 Tahun, Pemilik Toko Online Kaget Ditagih Pajak Rp35 Juta

LIMAPAGI - Media sosial tengah dihebohkan dengan cerita seorang pedagang online shop yang tiba-tiba ditagih pajak sebesar Rp35 juta.

Cerita itu awalnya diunggah akun Twitter @txtdarionlshop pada Rabu, 24 November 2021 hingga akhirnya viral.

Disebutkan, pedagang online shop tersebut belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Jadi, selama 2 tahun berjualan di online shop ia belum pernah membayarkan pajak.

"Yang udah berjualan dan baru dagang onlen, ingat kalo ada pajak. Ternyata selama ini data transaksi seller sopi diterima oleh kantor pajak, gatau kalo mp (market place) lain, kayaknya sih iya juga. Doi belum punya NPWP, 2 tahun ga bayar pajak kena 35 juta," tulis akun tersebut.

Sebuah tangkapan layar postingan pengguna Facebook bernama Karina Putri Dewi turut diunggah.

Ia mengingatkan para penjual di online shop untuk memperhitungkan penerapan harga jual barang. Hal itu karena seluruh hasil penjualan mereka dari awal dihitung oleh pihak online shop dan dikirim ke kantor pajak.

"Penjualan kita dari awal sh*p*e sampai sekarang ternyata dihitung dan data kita di sh*p*e dikasih ke kantor pajak. Ini giliran saya yang kena," tulis akun tersebut.

"Saya harus bayar pajak ke pratama sekian juta, teman saya juga kena sekitar Rp35 juta. Semoga bisa menjadi perhatian untuk lebih cerdas memperkirakan harga yang akan kita jual," jelasnya.

Postingan itu hingga kini telah dibagikan lebih dari 5 ribu kali dan disukai 19 ribu pengguna.

Terkait hal itu warganet pun menyampaikan beragam tanggapan. Menurut mereka omzet penjualan olshop tersebut mungkin telah mencapai miliaran per tahun sehingga pajak yang dikenakan pun cukup besar.

"Untuk omset penjualan yang besar bakal kena sih, kan ada pendapatan yang tidak dikenai pajak. cmiiw," kata @aqil_maulanaq.

"Kalo pajaknya 2 tahun kena 35 juta berarti omsetnya dah miliaran itu. Misal 35 dibagi 2 tahun, 17,5 juta. Dibagi tarif pp23 0,5% dapet 3,5 miliar setahun donk," balas @sambat46.

"Ini sih memang labanya udah gede makanya kesamber pajak," ujar @Eriandriannn.

Yang udah berjualan dan baru dagang onlen, ingat kalo ada pajak. Ternyata selama ini data transaksi seller sopi diterima oleh kantor pajak, gatau kalo mp lain, kayaknya sih iya juga.

Doi belum punya NPWP, 2 tahun ga bayar pajak kena 35 juta. pic.twitter.com/derBo0KxrQ

TXT OLCOP (@txtdarionlshop) November 24, 2021
Artikel Asli