Aktor Broadway James Beeks Ditangkap

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 25 November 2021 - 11:02
Aktor Broadway James Beeks Ditangkap

JawaPos.com Aktor Broadway James Beeks ditangkap pada Selasa lalu terkait keterlibatannya dalam penyerbuan gedung Capitol dan berusaha menghalangi kongres pada 6 Januari 2021. Aktor 49 tahun yang juga impersonator Michael Jackson tersebut ditangkap di Milwaukee karena diduga berafiliasi dengan kelompok milisi sayap kanan, Oath Keepers, organisasi anti pemerintah di Amerika Serikat.

Untuk diketahui, Beeks bergabung dengan sejumlah orang yang juga keberatan atas hasil pemilu yang memenangkan Joe Biden atas Donald Trump.

Dilansir dari Washington Post , pada pukul 14:30 waktu setempat tanggal 6 Januari, Beeks bergabung dengan massa Oath Keepers dalam formasi berbaris. Massa kemudian menaiki tangga timur Capitol ke area luar Pintu Rotunda.

Beeks bersama sejumlah orang lainnya menyerang penegak hukum sehingga pintu berhasil dibobol. Massa kemudian menyerbu ke dalam Capitol. Kala itu, Beeks mengenakan pelindung kaki dan membawa perisai.

Pada saat berada di dalam Capitol pada pukul 14:38, Beeks bersama sejumlah orang lainnya mencoba menerobos barisan petugas yang menjaga lorong menuju ruang Senat. Petugas keamanan menghalangi mereka sehingga Beeks bersama yang lainnya kembali ke Pintu Rotunda dan kemudian meninggalkan gedung sekitar pukul 15:04.

Beeks didakwa menghalangi Kongres dan melakukan pelanggaran ringan karena telah memasuki gedung atau lahan terlarang. Kendati sudah ditangkap, ia tidak dilakukan penahanan alias dibebaskan sambil menunggu proses hukumnya di pengadilan. Kasus ini kini sedang ditangani oleh pengadilan federal Washington.

Menurut Hollywood Reporter , sejak 6 Januari, sudah lebih dari 675 orang ditangkap di hampir 50 negara bagian karena aksi yang berkaitan dengan pelanggaran insiden di gedung Capitol. Dan lebih dari 210 orang telah didakwa melakukan penyerangan atau menghalang-halangi penegakan hukum.

Artikel Asli