Modus Jadi Driver Ojol, Duet Ini Berhasil Gasak Macbook Pro Rp 67 Juta

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 25 November 2021 - 11:04
Modus Jadi Driver Ojol, Duet Ini Berhasil Gasak Macbook Pro Rp 67 Juta

JawaPos.com Polda Metro Jaya menangkap dua pelaku penggelapan satu unit Macbook Pro senilai Rp 67 juta milik Untung Store. Keduanya yakni RF, 25, dan HS, 39.

Korban memesan satu buah laptop Macbook Pro tahun 2021 dengan harga Rp 67 Juta. Kemudian sudah mengirimkan barang kesana milik pelapor atau korban melalui ojek online, namun hingga saat ini laptop yang dipesan tersebut tidak datang, kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan kepada wartawan, Kamis (25/11).

Zulpan mengatakan, kedua pelaku ditangkap di kawasan Ciledug, Tangerang, dan di Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat. Kepada petugas mereka mengaku sudah 15 kali melakukan aksi serupa.

Adapun peran keduanya yakni RF ssbagai kurir ojek online, sedangkan HS sebagai pembuat akun ojol yang dibeli RF. Modus operandi tersangka HS meminta bantuan kepada tersangka RF untuk dicarikan akun driver gojek yang dijual oleh pemiliknya, imbuhnya.

Setelah akun dibeli, tersangka RF mendapatkan SIM card yang terdaftar di akun driver ojol. Nomor ponsel itu digunakan untuk menerima orderan.

Setelah mendapatkan orderan, khususnya mereka mengincar barang elektronik seperti laptop, handphone, pungkas Zulpan.

Atas perbuatannya, dua tersangka dijerat pasal 28 ayat (1) Jo pasal 45 a ayat (1l) UU ITE dan pasal 372 tentang penggelapan dengan ancaman 6 tahun penjara.

Artikel Asli