Ikami Gelar Pameran di Yogya, Bertajuk Diaspora Masyarakat Sulsel di Tanah Jawa

Nasional | rakyatku | Published at Kamis, 25 November 2021 - 10:01
Ikami Gelar Pameran di Yogya, Bertajuk Diaspora Masyarakat Sulsel di Tanah Jawa

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Indonesia (Ikami) Sulsel DI Yogyakarta bakal menggelar kegiatan Sulsel Expo 2021.

Kegiatan Sulsel Expo 2021 dengan tajuk "Diaspora Masyarakat Sulawesi Selatan di Tanah Jawa" ini akan dilaksanakan di Tasneem Convention Hotel Yogyakarta, Senin (29/11/2021).

Penggung jawab Sulsel Expo 2021 DI Yogyakarta, Sandi Dermawan mengatakan, kegiatan ini dikemas menghadirkan produk-produk budaya tersebut ditampilkan dalam tiga konten acara di antaranya, seminar nasional, pameran karya & pusaka, dan pentas seni.

"Masing-masing konten acara memiliki konsep tersendiri yang menunjang kreativitas para mahasiswa/pelajar Sulawesi-Selatan DI Yogyakarta untuk menampilkan produk-produk budaya yang ada di daerahnya masing-masing," ungkap Sandi Dermawan dalam rilisnya, Rabu (24/11/2021).

Ia menambahkan bahwa kegiatan tersebut sebagai wadah untuk menambah wawasan serta pengalaman baru mengenai budaya-budaya yang ada di Sulawesi-Selatan.

Sulsel Expo di 2021 ini berharap bisa menjadi media untuk lebih memperkenalkan kebudayaan masyarakat Sulawesi-Selatan dari segi makanan, minuman, tarian, dan juga budaya lainnya ke khayalak umum serta untuk mempromosikan keindahan, dan keanekaragaman budaya yang ada di Sulawesi-Selatan.

Menurut Sandi Dermawan bahwa dengan adanya Sulsel Expo 2021 ini adalah langkah untuk membangun kesadaran masyarakat Sulawesi-Selatan di Tanah Jawa agar tidak lupa dan terus merawat budaya asli khas daerahnya.

Maka itu, kegiatan seperti ini diharapkan kepada mahasiswa/pelajar untuk memperluas wawasannya mengenai budaya yang terus berkembang di Indonesia. Wawasan tersebut akan memupuk kesadaran mahasiswa/pelajar Sulawesi-Selatan di tanah Jawa tentang pentingnya merawat ingatan, dan juga melestarikan produk budaya khas daerahnya.

"Sekali lagi bahwa acara ini diadakan sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa/pelajar Sulawesi-Selatan yang ada di tanah Jawa untuk terus bersama-sama merawat warisan dari para leluhur khususnya kebudayaan Sulawesi-Selatan yang ada di daerah kita masing-masing," harapnya.

Diketahui, di antara rentetan konten acara Sulsel Expo 2021, seminar nasional menghadirkan dua pembicara pegiat budaya, yaitu Nor Sidin Ambo Upe, salah satu putra terbaik Sulawesi-Selatan yang telah meluncurkan buku tentang sistem penanggalan masyarakat Sulawesi-Selatan berdasarkan naskah lontara, Bilang Taung.

Pembicara kedua Arsa Rintoko, Abdi Dalem Keraton Yogyakarta yang terpilih sebagai juara 1 terbaik tingkat nasional untuk kategori Bidang Kepeloporan Sosial Budaya Pariwisata 2017.

Selain itu juga, Sulsel Expo 2021 ini mengundang IKPMD Sulsel DI Yogyakarta untuk menampilkan produk budaya khasnya masing-masing.

Acara ini diapresiasi pelaksana tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, ST; Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X; Kadis Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi.

Juga Dian Lakshmi Pratiwi, SS, MA, kepala Dinas Kebudayaan DI Yogyakarta; Drs Muchtar Sanusi, ketua umum KKSS DI Yogyakarta; dan Rahmat Al Kahfi, pengurus Besar Ikami Sulsel.

Apresiasi beberapa tokoh-tokoh besar tersebut membakar semangat baik panitia dalam menyukseskan Sulsel Expo 2021.

Artikel Asli