Pelatih Interim Manchester United Mengarah kepada Si Semut

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 25 November 2021 - 09:50
Pelatih Interim Manchester United Mengarah kepada Si Semut

JawaPos.com Satu per satu pelatih bidikan Manchester United untuk menangani sampai akhir musim ini berguguran. Dari Zinedine Zidane, Brendan Rodgers, hingga Mauricio Pochettino sulit untuk didatangkan di pertengahan musim.

Kemarin (24/11), United malah dikaitkan dengan nama yang mengejutkan.

Dia adalah Ernesto Valverde. Kali terakhir Valverde menangani tim adalah bersama FC Barcelona (20172020).

Media-media Inggris seperti The Guardian dan Manchester Evening News melansir bahwa Valverde punya kans besar menduduki kursi pelatih interim United atau menggantikan karteker Michael Carrick.

Direktur Sepak Bola John Murtough yang berwenang dalam perekrutan pelatih (United, Red) sudah melakukan pembicaraan dengan Valverde, klaim Manchester Evening News.

Txingurri (Semut Kecil Basque), julukan Valverde, memang tidak terlalu populer, tetapi juga bukan pelatih kaleng-kaleng.

Jejak rekamnya bersama Barca berujung dengan dua kali gelar juara La Liga, sekali juara Copa del Rey, dan sekali kampiun Supercopa de Espana.

Bukan hanya itu. Pelatih berusia 57 tahun tersebut memiliki rekam jejak dalam menangani skuad dengan banyak ego.

Meski di era Valverde Barca telah ditinggal Neymar Jr ke Paris Saint-Germain, masih ada ego bintang di skuad Barca seiring bercokol nama-nama seperti Lionel Messi, Luis Suarez, Gerard Pique, hingga Andres Iniesta.

Filosofi Valverde diyakini juga selaras dengan Unitedyang mengusung permainan menyerang.

Pertemuan dua leg di perempat final Liga Champions 20182019 adalah contoh permainan yang diusung Valverde menjadikan United sebagai korban. Kalah 0-1 di Old Trafford, United malah dihajar tiga gol tanpa balas oleh Barca di Camp Nou.

Artikel Asli